Jakarta, ID – Platform marketplace Tokopedia bersama ShopTokopedia terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. Bahkan, UMKM yang hampir bangkut bisa bangkit lagi.
Salah satunya, dengan cara pemberian panggung yang lebih luas kepada produk dan brand lokal lewat inisiatif Beli Lokal yang bisa diakses lewat Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok.
Denara Bali merupakan contoh UMKM lokal yang mengikuti kampanye Beli Lokal dan sukses memanfaatkan Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengembangkan bisnisnya. Sebelumnya, Denara Bali nyaris bangkrut, namun akhirnya bangkit lagi.
Usaha lokal Denara Bali bermula dari orang tua Sathya Narayana, yaitu Made Diksa Wimona dan drh Ni Wayan Kesumawati Dewi ketika melihat peluang bisnis kosmetik dan perawatan tubuh di produk spa Bali sangat menjanjikan tahun 2007.
Setelah melakukan riset dan belajar meracik produk seperti body scrub dan sabun alami selama satu tahun, akhirnya, Made Diksa dan istri mendirikan Denara Bali pada Agustus 2008.
Namun, pandemi Covid-19 yang melanda membuat hampir semua sektor industri lesu, tak terkecuali sektor industri perawatan tubuh. Denara Bali termasuk yang terimbas hingga nyaris tutup karena saat itu seluruh sistem pemasarannya masih offline.
Usaha Bangkit
Melihat dampak dari pandemi, Sathya Narayana (26), CEO Denara Bali, turun tangan membantu bisnis tersebut. Di bawah pimpinan Sathya, ia mampu membangkitkan lagi usaha Denara Bali dengan berinovasi dari segi strategi penjualan.
Jika sebelumnya hanya mengandalkan ritel, Denara Bali kini juga memanfaatkan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia. Sathya juga fokus mengembangkan beragam produk yang memanfaatkan bahan lokal.
“Contohnya, kami memakai kunyit untuk produk Heritage Edition varian turmeric, lidah buaya, bengkoang, dan rumput laut. Kami juga melibatkan puluhan karyawan untuk berkarya karena ingin memberi dampak bagi masyarakat sekitar, termasuk ibu rumah tangga,” jelas Sathya, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (4/9/2024).
Sejak ikut beragam kampanye dan menggunakan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet Denara Bali pun meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Hal ini berkontribusi 25% terhadap penjualan keseluruhan Denara Bali.
Melalui Tokopedia dan ShopTokopedia, Denara Bali juga mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, di luar Pulau Bali. Beberapa produk terlaris Denara Bali seperti body scrub, hand and body lotion, dan natural soap.
Denara Bali pun serius memanfaatkan ShopTokopedia dengan membentuk tim marketing yang di dalamnya mencakup content creator yang fokus membuat beragam konten menarik serta mengamati beragam tren. (dmm)