Infodigital.co.id

Penjualan Produk Lokal Ini Naik Berkali Lipat di Tokopedia

Jakarta, ID – Kehadiran kampanye Beli Lokal yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas 12 Desember 2023 disambut antusias dari masyarakat Tanah Air.

Dampaknya, penjualan produk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, fashion dan kesehatan, hingga rumah tangga pun naik signifikan di Tokopedia.

“Makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, fashion dan kesehatan, hingga rumah tangga adalah beberapa kategori yang paling laris di kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama enam bulan belakangan,” ungkap Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia Aditia Grasio Nelwan, dalam pernyataannya, dikutip Kamis (4/7/2024).

Sementara itu, di ShopTokopedia yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, mengalami kenaikan penjualan tertinggi lebih dari 3 kali lipat selama periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan 12 Desember 2022-12 Juni 2023.

Kampanye Beli Lokal pun disebutnya sebagai upaya Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendorong produk brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dari seluruh Indonesia agar bisa terus berkontribusi pada perekonomian nasional.

“Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami berharap kehadiran kampanye Beli Lokal bisa memberi jangkauan yang semakin luas bagi pada brand lokal melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok,” imbuhnya.

Kampanye Beli Lokal juga disebutnya terbukti telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia.

Hal itu terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain seluruh pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, dan Lampung.

Ibu dan Bayi

Selain itu, Tokopedia mencatat subkategori ibu dan bayi mengalami kenaikan penjualan hingga lebih dari 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal dibandingkan sebelum kampanye tersebut berlangsung.

Sedangkan kategori kecantikan dan perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia.

Lebih spesifik lagi, Tokopedia mencatat beberapa produk mengalami kenaikan transaksi tertinggi pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia.

Misalnya, penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh seperti deodoran melonjak hampir 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye tersebut berlangsung.

Sedangkan penjualan facial cleanser atau pembersih wajah dan lip cream di Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat.

“Selain itu, penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk melonjak hampir 2 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye tersebut berlangsung,” jelas Aditia. (abm)

Komentar

Iklan