Bagikan:

Jakarta, ID – Tokopedia dan ShopTokopedia, platform marketplace/e-commerce bagian dari GoTo, telah meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mendigitalisasi pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Inisiatif bertujuan untuk meningkatkan akses edukasi, membuka peluang ekonomi, dan membantu tumbuh kembang UMKM–dalam hal ini pedagang di pasar–di era digital. Inisiatif ini sejalan dengan target Kemendag RI untuk mendigitalisasi 1.000 pasar rakyat di Indonesia tahun 2022-2024.

“Pasar Berdaya Digital merupakan program pemberdayaan yang holistik dari Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah Kota Yogyakarta,” ungkap  Director of Tokopedia and TikTok E-commerce Vonny Ernita Susamto, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (18/9/2024).

Kerja sama itu mencakup onboarding ratusan pedagang di Pasar Beringharjo ke platform Tokopedia dan ShopTokopedia, pelatihan bisnis online termasuk cara live streaming di TikTok (hopTokopedia), serta  mendorong persaingan adil melalui kolaborasi, seperti pemerintah dan otoritas pasar.

“Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam inisiatif ini,” tutur Vonny.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani menambahkan, lewat platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, pedagang dan UKM Kota Yogyakarta bisa mengakses lebih banyak pembeli dan memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia.

“Maka kami, Pemerintah Kota Yogyakarta, sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengedukasi pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, untuk memaksimalkan pemanfaatan platform e-commerce dalam berbisnis,” ucap Veronica.

Dengan kerja sama itu, pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, pun bisa makin berdaya di era digital, sehingga akan mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan.

“Inisiatif Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta, khususnya dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang pasar rakyat dan UKM di Kota Yogyakarta,” kata Veronica.

Perluas Pasar

Melalui inisiatif Pasar Berdaya Digital, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap, pelaku usaha di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, serta makin berkontribusi terhadap perekonomian digital.

Tokopedia dan ShopTokopedia pun berkomitmen memperluas inisiatif tersebut ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Pasar Berdaya Digital menargetkan bisa mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia khususnya pedagang di pasar.

Tujuannya agar bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, seperti memperbesar basis konsumen, menaikkan pendapatan, menyederhanakan pemantauan bisnis, serta mengurangi biaya pemasaran, logistik, dan pengiriman. (bdm)