Bigbox Perkenalkan Solusi AI untuk Birokrasi Efisien
Jakarta, ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah memperkenalkasn BigBox, Solusi berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yang diyakini menjadi salah satu penggerak utama perubahan, terutama di sektor pemerintahan/birokrasi yang lebih efisien.
Dengan produk digital unggulannya, seperti BigBox AI, Telkom telah membuktikan bahwa kecerdasan buatan dapat memberikan manfaat nyata, baik bagi sektor publik maupun masyarakat luas.
AI yang dikembangkan oleh Telkom pun mampu menyederhanakan data kompleks, sehingga mempercepat proses pengambilan keputusan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Pemerintah dapat memanfaatkan teknologi di dalam BigBox AI untuk pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data yang lebih canggih.
Dengan penerapan BigBox AI, berbagai layanan publik dapat ditingkatkan secara signifikan, misalnya pada sektor perpajakan, kesehatan, dan transportasi.
“Kami percaya bahwa teknologi kecerdasan buatan adalah kunci untuk mempercepat transformasi digital di sektor publik,” ujar Direktur Digital Bisnis Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (20/12/2024).
Menurut dia, tantangan yang ada saat ini dapat diatasi dengan kolaborasi dan edukasi yang tepat. Telkom pun siap mendukung sektor publik untuk mewujudkan visi pelayanan publik yang lebih cepat, efisien, dan aman.
Sementara itu, tantangan utama lainnya dalam implementasi AI di sektor publik adalah kesiapan infrastruktur digital. Keterampilan dan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) mengenai teknologi juga kerap menjadi kendala.
Literasi digital yang belum merata seringkali menghambat penggunaan AI secara optimal di sektor publik.
Untuk mengatasi hal itu, Telkom menyediakan solusi berupa pelatihan khusus dan program peningkatan kapasitas yang komprehensif, sehingga teknologi AI dapat dimanfaatkan secara maksimal dan sektor publik makin adaptif.
Keamanan Data
Selain itu, isu keamanan data menjadi aspek penting yang tidak bisa diabaikan. Sektor publik mengelola data masyarakat yang sensitif, sementara AI bekerja dengan memroses data dalam jumlah besar.
Berbeda dengan platform analitik lainnya, BigBox AI dari Telkom tidak hanya menawarkan kemampuan analisis data. BigBox juga dilengkapi dengan fitur keamanan multi-layer, sehingga menjadikannya solusi ideal bagi sektor publik untuk menjaga integritas dan keamanan data.
Ke depan, penggunaan AI di sektor publik diyakini akan terus berkembang. AI mampu memberikan manfaat besar, seperti mendeteksi penipuan dalam pengelolaan keuangan negara, mempercepat penyediaan layanan kesehatan berbasis data, serta meningkatkan pelayanan publik secara keseluruhan. (bdm)