Telkomsel Pulihkan 79% Jaringan di Sumatra
Jakarta, ID – Telkomsel telah berhasil memulihkan sekitar 79,7% jaringan di pulau Sumatra pascabencana banjir dan longsor, Rabu (26/11/2025). Jaringan yang dipulihkn mencakup 5.851 dari total 7.640 site jaringan, termasuk BTS, dan 422.551 dari total 530.502 line layanan IndiHome.
Telkomsel pun memastikan percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi di sejumlah wilayah di tiga provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Pemulihan didukung langkah proaktif menjaga konektivitas masyarakat di pengungsian, area tanggap darurat, dan wilayah terdampak, termasuk dengan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya di UMB *888*20#.
Direktur Utama Telkomsel Nugroho menjelaskan, Telkomsel pun kembali menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara sebangsa di pulau Sumatera tersebut.
“Kami berkomitmen hadir di setiap situasi, memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak,” ujar Nugroho, diikutip InfoDigital.co.id, Selasa (2/12/2025).
Bersama Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), pemerintah daerah, serta berbagai instansi, Telkomsel terus mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit.
Dia menjelaskan, pemulihan jaringan Telkomsel di Sumatra difokuskan mulai dari area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas. Tercatat sejumlah capaian pemulihan per 1 Desember 2025 sebagai berikut.
Di Provinsi Aceh, 36% site (708 dari 1.964 site) serta 41,2% line IndiHome (59.836 dari 145.384 line) telah pulih.
Kemudian, di Sumatera Utara, 90% site Telkomsel (4.136 dari 4.610 site) serta 93,3% line IndiHome (293.911 dari 314.957 line) pulih.
Terakhir, di Sumatera Barat, 94% site Telkomsel (1.007 dari 1.066 site) dan 93,3% line IndiHome (68.804 dari 70.161 line) sudah pulih.
Menteri Komunikasi dan Digital RI Meutya Hafid pun menyampaikan, mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dan seluruh pihak dalam memastikan layanan komunikasi tetap tersedia di tengah kondisi darurat di pulau Sumatra.
“Kolaborasi ini penting agar masyarakat terdampak tetap terhubung dan mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan,” tutur Meutya.
Paket Siaga Peduli
Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian, Telkomsel juga menghadirkan Paket Siaga Peduli Sumatera bebas biaya melalui UMB *888*20#.
Paket tersebut dapat diaktifkan satu kali dan berlaku untuk pengguna SIMPATI, by.U (prabayar), maupun Halo (pascabayar) di wilayah terdampak bencana banjir dan longsor.
Paket berisi opsi 3GB paket data untuk 7 hari, atau 300 menit telepon + 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.
Selain itu, Telkomsel membuka Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana, termasuk di sekitar 100 titik di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Layanan Posko mencakup telepon dan SMS gratis di daerah bencana sampai proses recovery selesai dan penggantian kartu gratis dan perpanjangan masa aktif untuk pelanggan terdampak.
Selanjutnya, layanan penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar/IndiHome, penggantian modem ONT dan STB pelanggan Indihome terdampak, dan penyediaan layanan Indihome 3P dan Telkomsel Orbit di kantor Basarnas. (bdm)




