XL Axiata Prediksi Trafik Perayaan Cap Go Meh Naik 40%

Jakarta, ID – PT XL Axiata Tbk (kode saham EXCL) memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% dibandingkan hari normal, terutama di kota-kota yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh.
Hal itu akan terjadi di Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kenaikan trafik XL Axiata didorong oleh penggunaan layanan streaming, social media, video call, serta aplikasi pesan instan yang digunakan untuk berbagi momen perayaan.
Pada tahun 2025, Cap Go Meh akan dirayakan pada 12 Februari 2025. Perhitungan ini didasarkan pada tahun baru Imlek 2025 yang dimulai pada 29 Januari 2025. Sehingga 15 hari setelahnya menjadi momen perayaan Cap Go Meh.
Karena itu, XL Axiata pun memastikan kesiapan jaringan dan layanan telekomunikasinya dalam mendukung kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Cap Go Meh di berbagai daerah di Indonesia.
Dengan meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut puncak perayaan Imlek tersebut, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.
Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik, mengatakan, perayaan Cap Go Meh selalu menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di sejumlah kota di Indonesia. Terlebih, perayaan ini telah menjadi obyek wisata, antara lain ada di Singkawang.
“Kami menyadari bahwa komunikasi yang lancar menjadi kebutuhan utama selama momen spesial ini. Karena itu, kami telah melakukan berbagai langkah optimasi jaringan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan yang optimal,” ujar Waqas Malik, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (7/2/2025).
Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XL Axiata telah melakukan berbagai langkah strategis. Satu di antaranya, optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan di titik-titik strategis seperti tempat ibadah, pusat perayaan, serta area wisata.
Kemudian, peningkatan jumlah BTS 4G LTE, termasuk penyediaan Mobile BTS (MBTS) di lokasi dengan potensi kepadatan pengguna yang tinggi. Monitoring jaringan secara real-time selama perayaan untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal juga dilakukan.
“Tim teknis pun siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan,” tuturnya.
Kesiapan Jaringan
Saat ini, jaringan XL Axiata telah menjangkau lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia dengan total lebih dari 165 ribu BTS, termasuk lebih dari 110 ribu BTS/LTE yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.
Infrastruktur tersebut juga diperkuat oleh jaringan fiber optik yang memastikan konektivitas antarwilayah agar tetap stabil. Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) sudah mencapai 63%.
Fiberisasi BTS tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.
Selain memastikan kesiapan jaringan, XL Axiata menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu selama perayaan Cap Go Meh.
Pelanggan dapat mengakses layanan melalui call center 24 jam di 817, serta kanal digital seperti @myXLCare di Twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan e-mail customerservice@xl.co.id.
Bagi pelanggan AXIS, layanan tersedia melalui @ask_AXIS di Twitter, live chat di www.axis.co.id, dan e-mail cs@axisnet.id. (bdm)