XL Axiata Prediksi Trafik Naik 8-15% Saat Pilkada 2024
Jakarta, ID – PT XL Axiata Tbk memperkirakan, selama Pilkada 2024 serentak pada Rabu (27/11/2024), terjadi peningkatan trafik telekomunikasi 8-15% dibandingkan kondisi normal hari biasa.
XL Axiata berupaya memastikan para pelanggan bisa mengakses layanan telekomunikasi dan data selama proses pencoblosan dan aktivitas terkait lainnya di 37 provinsi, terutama pada Rabu (27/11/2024).
Jaringan berkualitas yang disiapkan XL Axiata di 5.262 kecamatan dan sekitar 514 kota/kabupaten merupakan bagian dari upaya peningkatan jaringan dan pengalaman pelanggan yang terus-menerus dilaksanakan oleh XL Axiata di sepanjang tahun.
“Sebagai bagian dari komitmen mendukung demokrasi di Indonesia, XL Axiata sepenuhnya mempersiapkan jaringan yang andal untuk menjamin kelancaran komunikasi selama Pilkada 2024,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (26/11/2024).
Menurut dia, dengan infrastruktur yang kuat dan tim berpengalaman, XL Axiata disebutnya optimistis dapat memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.
Petugas dan tim jaringan XL Axiata akan siap siaga (standby) di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) milik XL Axiata di Jakarta.
Antisipasi jika terjadi kondisi darurat juga sudah disiapkan untuk memastikan jaringan berkualitas. XL Axiata berharap, dengan persiapan yang matang, masyarakat dapat menjalankan hak suaranya dengan lancar dan aman.
Berbagai Persiapan
Berbagai persiapan yang telah dilakukan mencakup penguatan jaringan. XL Axiata pun telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan di wilayah-wilayah yang menjadi lokasi pemungutan suara.
Penambahan base transceiver station (BTS) dan peningkatan bandwidth juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama hari pemungutan suara.
Selanjutnya, XL Axiata melakukan monitoring secara intensif oleh tim teknis atas kinerja jaringan selama pelaksanaan Pilkada 2024. Jika terjadi, potensi gangguan akan akan segera ditangani.
Kemudian XL Axiata juga menyiapkan layanan pelanggan yang responsif, dengan menambah jumlah petugas yang siap membantu masyarakat yang membutuhkan informasi terkait jaringan dan layanan telekomunikasi.
Secara nasional, XL Axiata punya lebih dari 58,6 juta pelanggan yang diperkuat dengan dukungan lebih dari 165 ribu BTS yang mayoritas 4G. Jaringan tulang punggung fiber optik juga membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km. (dmm)