Infodigital.co.id

Jaringan Telko Pantura Dipastikan Lancar Saat Tahun Baru

Wamenkomdigi Angga Raka Prabowo. (Dok Kemkomdigi)

Jakarta, ID – Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Angga Raka Prabowo bersama operator seluler melakukan inspeksi ke jalur Pantai Utara (Pantura) untuk memastikan kesiapan akses telekomunikasi (telko) selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Langkah tersebut menjadi wujud nyata implementasi arahan Presiden Prabowo Subianto untuk menjamin seluruh warga dapat menikmati layanan telekomunikasi prima di momen spesial.

“Natal dan Tahun Baru adalah momen kebahagiaan bagi masyarakat. Kami memastikan mereka dapat tetap terhubung dengan lancar selama perjalanan maupun saat berkumpul bersama keluarga,” ujar Angga Raka Prabowo di Stasiun Senen Jakarta Pusat, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (28/12/2024).

Dalam kunjungan itu, Wamenkomdigi meninjau beberapa titik strategis di jalur Pantura, antara lain area peribadatan, pusat keramaian, dan stasiun kereta api.

Inspeksi tersebut merupakan tindak lanjut perhatian Menteri Komdigi Meutya Hafid untuk memastikan kesiapan telekomunikasi yang stabil dan andal di beberapa titik strategis.

Perhatian difokuskan pada tiga aspek utama, yaitu kualitas sinyal untuk panggilan dan pesan, kecepatan internet untuk mendukung kebutuhan digital masyarakat, dan kapasitas jaringan untuk menangani lonjakan trafik pengguna.

Guna memastikan kelancaran komunikasi, Kementerian Komdigi bersama operator seluler melakukan pemantauan langsung menggunakan teknologi terkini untuk mengukur kualitas jaringan telekomunikasi di Pantura.

Kementerian Komdigi juga melakukan koordinasi teknis untuk menangani gangguan dan memperkuat jaringan di titik rawan.

“Komunikasi yang lancar adalah kunci untuk mendukung perjalanan dan kebahagiaan masyarakat. Telekomunikasi tidak hanya membantu mereka berbagi momen, tetapi juga memastikan mereka tetap aman selama perjalanan,” tegas Angga Prabowo.

Dukungan Teknisi

Dia pun mengapresiasi teknisi dan tim pemantau dari Kementerian Komdigi dan penyelenggara layanan telekomunikasi yang bekerja keras memastikan kualitas jaringan tetap optimal.

“Dedikasi mereka adalah bagian penting dari upaya kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Wamenkomdigi mengimbau masyarakat segera melaporkan gangguan komunikasi melalui akun resmi Pusat Monitoring Telekomunikasi, Pos dan Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Digital, yaitu @pmt_komdigi di platform X.

“Saya juga mengajak masyarakat menggunakan internet secara bijak dan memperhatikan konten yang ramah anak selama liburan,” tuturnya. (dmm)

Komentar

Iklan