Trafik Data Layanan Gim XL Axiata Naik 46%

Jakarta, ID – Trafik data/internet PT XL Axiata Tbk untuk akses layanan permainan/gim meningkat 46% sepanjang masa libur Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri (Rafi) 1446 H pada 28 Maret-6 April 2025.
Sementara itu, data dari Customer Experience & Service Operation Center di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data 5% dibandingkan periode Rafi 2024 dan 21% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan 2025 ini.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran 2025 menggambarkan makin maksimalnya pemanfaatan sarana digital untuk keperluan sehari-hari.
“Selama periode Ramadan dan Lebaran 2025, trafik layanan didominasi oleh streaming yang meningkat 17%, disusul file access 16%, kemudian web browsing juga meningkat 12%, serta game meningkat 46%,” ungkap Gede Darmayusa di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (9/4/2025).
Pada layanan streaming, lanjut dia, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 46%, YouTube naik 9%, TikTok 18%, dan Netflix naik 10%.
Untuk layanan instant messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 14%. Sementara itu, pada layanan social network, trafik Instagram meningkat 26%, trafik X meningkat 23%, dan Meta (Facebook) 4%.
Selanjutnya, trafik data untuk akses layanan web browsing naik 12% dan belanja online melalui platform e-commerce/marketplace meningkat hingga 19%.
Untuk layanan peta/penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 19% dibandingkan hari normal.
Guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali dibandingkan hari normal.
Saat ini, XL Axiata melayani lebih dari 58,8 juta pelanggan. Jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 165 ribu BTS, termasuk di dalamnya 111 ribu BTS 4G.
Selanjutnya, perseroan juga punya jaringan tulang punggung (backbone) sepanjang lebih dari 190 ribu km yang menjangkau sebagian besar provinsi. Untuk layanan fixed mobile convergence (FMC) telah menjangkau 127 kota/kabupaten dan akan terus bertambah luas.
XL Axiata pun terus investasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan guna meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring peningkatan trafik layanan data.
Trafik Layanan XL Satu
Sementara itu, kenaikan trafik data juga terjadi pada layanan konvergensi XL SATU selama periode libur Lebaran 2025 ini dibandingkan hari biasa biasa. Ini terjadi karena masih ada pelanggan yang tidak mudik.
Trafik layanan yang paling banyak diakses oleh pelanggan XL SATU sebagai berikut.
1. Layanan Instagram meningkat 18,8%
2. Layanan Youtube naik 21%
3. Layanan Tik Tok meningkat 7%
4. Layanan Youtube naik 21%
Adapun layanan platform Netflix dan Vidio meskipun masih banyak diakses justru menurun sebesar 2% dan 21%. Saat ini, secara keseluruhan jumlah pelanggan XL SATU mencapai lebih dari 1 juta home connect. (dmm)