Infodigital.co.id

Indosat Masuk Fortune 100 Best to Work For

Karyawan Indosat. (Dok Indosat)

Jakarta, ID – PT Indosat Tbk, atau dikenal juga sebagai Indosat Ooredoo Hutchison berkode saham ISAT, membanggakan Indonesia karena masuk daftar 2025 Fortune Best Companies to Work For Southeast Asia.

Penghargaan itu menjadi bukti keberhasilan Indosat dalam mendorong transformasi digital yang berpusat pada manusia, membangun talenta AI-native, serta menciptakan tempat kerja yang inklusif dan mendukung kesejahteraan karyawan.

Pencapaian tersebut juga menjadikan Indosat satu-satunya perusahaan telekomunikasi asal Indonesia yang meraih pengakuan Fortune setelah melalui proses seleksi ketat bersama perusahaan terkemuka di kawasan Asia Tenggara.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Vikram Sinha mengatakan, membangun talenta AI-native di dalam organisasi bukan hanya tentang mempersiapkan perusahaan untuk masa depan, tetapi juga mempersiapkan setiap karyawan untuk masa depannya.

“Ketika karyawan membangun kecakapan AI, mereka tidak hanya mempercepat hasil bisnis, tetapi juga memperluas relevansinya, membuka jalur karier, dan memperkuat kesiapan untuk dunia kerja di mana kolaborasi manusia dan AI menjadi kunci kesuksesan,” ujar Vikram, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (13/12/2025).

Indosat kini melayani lebih dari 285 juta pelanggan di seluruh wilayah Indonesia. Pada kuartal III-2025, pendapatan perusahaan tumbuh 3,8% dan laba bersih naik 29,1% dibandingkan kuartal sebelumnya, bukti bahwa ketika karyawan diberdayakan, hasil bisnisnya ikut meningkat.

“Ketika kami menjaga kesejahteraan dan pertumbuhan karyawan, mereka akan menjaga dan menguatkan bisnis kami. Bersama-sama, kita mendorong kemajuan dan memberdayakan Indonesia,” imbuhnya.

AI-Native Telco

Sementara itu, dalam perjalanan menjadi perusahaan AI-Native Telco, Indosat terus mengintegrasikan kecerdasan artifisial (AI) ke pekerjaan sehari-hari.

Sebagai bagian dari langkah tersebut, Indosat menghadirkan berbagai solusi AI untuk karyawan. Salah satunya Administration Assistant Robotic Indosat (ASTRID), asisten virtual human resources (HR) yang menyederhanakan proses administratif dan memberi dukungan cepat.

Upaya Indosat tersebut diperkuat dengan pelatihan AI berskala perusahaan agar semua karyawan siap berkolaborasi dengan AI. Langkah ini juga melahirkan program berdampak luas, seperti Indonesia AI Center of Excellence untuk memperkuat kemampuan AI nasional.

Melalui Sahabat AI, Indosat pun menyediakan model bahasa besar (Large Language Model/LLMopen source berbahasa Indonesia agar teknologi AI lebih mudah diakses masyarakat.

Indosat juga menggunakan solusi AI Anti-Spam dan Anti-Scam untuk melindungi jutaan pelanggan kartu selulernya di seluruh wilayah Indonesia.

Indosat membangun budaya inklusif, di mana semua karyawan dihargai. Di tengah rendahnya partisipasi perempuan di dunia kerja (54%), Indosat menargetkan lebih banyak pemimpin perempuan dan terus memprioritaskan kesejahteraan serta pengembangan karir.

Kesejahteraan pun didukung Indosat lewat klinik kesehatan, akses psikolog dan layanan mental, komunitas hobi dan olahraga, serta kegiatan sosial. Finansial karyawan diperkuat dengan kompensasi kompetitif, insentif kinerja, dan bantuan untuk momen penting.

Untuk karier, Indosat menyediakan 400+ pelatihan per tahun dan 25.000 kursus online, sehingga membuka peluang peningkatan kompetensi. Program penghargaan internal juga memastikan setiap kontribusi karyawan dihargai. (bdm)

Komentar

Iklan