Kini, Kartu Visa Bisa untuk Bayar Tap Kereta Basoetta

Jakarta, ID – Kabar gembira. Kini, para penumpang bisa menggunakan Visa Contactless, atau tinggal tempel kartu Visa di mesin EDC di pintu masuk (tap to pay) untuk pembayaran kereta api Bandara Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta).
Komuter Basoetta merupakan sebuah layanan kereta api komuter yang menghubungkan Stasiun Manggarai dengan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Kereta melewati beberapa stasiun, seperti Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Rawa Buaya, dan Stasiun Batu Ceper.
Itu setelah Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, bekerja sama dengan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), meluncurkan opsi pengembangan pembayaran Visa Contactless pada layanan kereta api komuter Basoetta.
Acara peluncuran turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia serta jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).
Sebelumnya, pembayaran tiket Commuter Line Basoetta dengan Visa hanya bisa dilakukan dengan cara menggesek atau memasukan kartu Visa ke mesin EDC.
Dengan peluncuran tersebut, fitur Visa Contactless dapat digunakan masyarakat dengan menempelkan kartu dengan mesin EDC untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.
Country Manager Visa Indonesia Vira Widiyasari mengatakan, Visa berkomitmen menghadirkan solusi yang mempermudah kehidupan sehari-hari. Teknologi contactless kami membuat perjalanan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.
“Kami bangga dapat bekerja sama dengan MITJ, KAI, dan KCI untuk menghadirkan inovasi ini di layanan Commuter Line Basoetta,” ujar Vira, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (25/6/2025).
Sementara itu, sebagai mitra strategis dalam transformasi digital sektor transportasi, PT MITJ telah dipercaya oleh Visa Worldwide Indonesia untuk mengintegrasikan teknologi Visa EMV Enablement ke seluruh operator transportasi publik, termasuk layanan kereta bandara.
“Dengan diperkenalkannya fitur Tap to Pay menggunakan kartu Visa contactless di Kereta Bandara Soekarno-Hatta, kita memasuki era baru transaksi tanpa hambatan, seamless transaction, yang memberikan kenyamanan maksimal bagi seluruh pengguna,” jelas Direktur Utama PT MITJ Fuad IZ Fachroeddin.
Tren Pembayaran Contactless
Inisiatif dan peluncuran tersebut juga guna menjawab dan mencerminkan tingginya preferensi masyarakat Indonesia terhadap pembayaran digital dan contactless.
Studi terbaru dari Visa mengungkap bahwa 84% masyarakat Indonesia menginginkan opsi pembayaran contactless untuk transportasi umum, dan 76% menyatakan akan lebih sering menggunakan transportasi publik jika pilihan ini tersedia.
Studi yang sama juga menunjukkan bahwa 40% responden telah menggunakan contactless untuk transportasi, dan 70% menyatakan bersedia memiliki kartu contactless jika dapat mempermudah akses transportasi publik.
Peluncurannya juga menandai kolaborasi strategis lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan mobilitas publik dan mendorong transformasi menuju kota cerdas.
Langkah itu merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Visa untuk mendukung aspirasi Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi pembayaran di sektor layanan publik, termasuk transportasi umum.
Inisiatif Visa dan PT MITJ tersebut juga sejalan dengan ambisi Jakarta untuk menjadi salah satu dari 50 Kota Global Dunia pada tahun 2029, melalui pembangunan infrastruktur yang modern, terintegrasi, dan berbasis digital. (dmm)