Infodigital.co.id

Telkomsel Dorong Generasi Muda Optimasi AI

Telkomsel gelar IndonesiaNEXT Summit 2025. (Dok Telkomsel)

Jakarta, ID – Telkomsel, perusahaan telekomuniasi digital anak usaha PT Telkom Indonesia (Peresero) Tbk, melalui IndonesiaNEXT Summit 2025, mendorong generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan mengoptimalkan manfaat dari AI.

Hal itu menjadi fokus utama Telkomsel dalam rangkaian gelaran program Indonesia NEXT ke-9, melalui IndonesiaNEXT Summit 2025, yang  ditutup di Jakarta, Kamis (18/9/2025).

Mengusung tema ‘AI Sharpening Youths’, agenda CSR unggulan Telkomsel itu merupakan upaya meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia agar lebih progresif dan siap menghadapi tantangan masa depan melalui pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (AI).

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Abdullah Fahmi menyampaikan, melalui IndonesiaNEXT ke-9, Telkomsel berupaya memastikan bahwa generasi muda Indonesia menjadi pelaku aktif dalam transformasi digital.

“Tema ‘AI Sharpening Youths’ kami wujudkan di program CSR ini melalui kurikulum khusus AI yang bisa mendorong mereka untuk menjadi lebih tajam, progresif, dan siap untuk masa depan,” ujar Abdullah, dikutip InfoDigital.co.id.

Menurut dia, Telkomsel percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, talenta digital di Tanah Air akan bisa mengakselerasi pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, IndonesiaNEXT ke-9 merupakan wadah pengembangan talenta digital muda dengan kurikulum berbasis tren industri, mencakup AI, komunikasi digital, pitching inovasi, kepemimpinan, hingga desain layanan.

Program tersebut sejalan dengan misi Asta Cita Pemerintah Republik Indonesia dalam membangun SDM unggul melalui sains dan teknologi, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Dimulai sejak Desember 2024, IndonesiaNEXT ke-9 telah menarik 9.692 pendaftar dari berbagai universitas. Setelah melalui tahapan National Webinar & Placement Test, Tech-Based Certification, dan Ideation Bootcamp, terpilih 24 finalis terbaik.

Kemudian, mereka  yang terbagi dalam 8 tim mendapatkan pembekalan intensif Digitalent Academy bersama para pakar industri pada 15-17 September 2025.

Topik yang diberikan The Future of AICommunication & NetworkingDeliver a Good PitchLeadership for Team BuildingDigital Industry Career Path, dan Service Design.

Finalis dan Pemenang

Pada IndonesiaNEXT Summit 2025, 8 tim finalis mempresentasikan proyek inovasi digital dalam sesi Group Pitching untuk mendapatkan gelar The Best MVP.

Selain itu, ada 9 talenta terbaik dari masing-masing peran (Hipster, Hustler, dan Hacker) yang berkompetisi dalam Digital Talent Challenge untuk memperebutkan gelar The Best Talents.

Berdasarkan kreativitas, kolaborasi, dan dampak yang diusung, Telkomsel mengumumkan Jason Emmanuel (BINUS University) sebagai Best Hacker, Khoiru Rizki BA (Universitas Negeri Surabaya) sebagai Best Hipster, dan Atha Marcela (BINUS University) sebagai Best Hustler.

Kemudian, inovasi PennyWise terpilih sebagai The Best MVP. Produk inovasi ini digagas oleh Muhammad Abir N (Institut Teknologi Bandung), Azzalia Salsabila (Universitas Gajah Mada), dan Jason Emmanuel (BINUS University).

PennyWise merupakan aplikasi keuangan pintar yang dirancang untuk Gen Z dan milenial muda agar dapat membangun kebiasaan finansial sehat dan efisien dengan mencatat pengeluaran secara cepat, menetapkan anggaran, memonitor kemajuan keuangan, dan menghindari doom spending.

Sejak 2016, program IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 96.000 peserta dari 807 universitas di 38 provinsi, menghasilkan 256 alumni terbaik, dan menerbitkan lebih dari 7.700 sertifikat kompetensi digital. (dmm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan