Bagikan:

Jakarta, ID  –  PT Telkom Indonesia (Persero), perusahaan digital telco yang menjadi lokomotif digitalisasi Indonesia, berkomitmen mengembangkan dan mendorong pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di berbagai sektor.

Strategi besar pengembangan AI di Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, baik internal dan eksternal perusahaan, serta inovasi yang dapat mendukung bisnis maupun membuka peluang bisnis baru.

Langkah yang dilakukan Telkom juga selaras dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), yaitu turut mengembangkan infrastruktur AI.

Beberapa di antaranya pusat data yang aman dan andal, dengan jaringan internet cepat dan platform cloud untuk pengolahan dan penyimpanan data yang efisien.

“Saat ini kami telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

Hal tersebut disampaikannya pada kegiatan webinar bertema Discover the Latest AI-Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and Intelligence yang digelar oleh IDSF, beberapa waktu lalu.

Bigbox dan Bizy

Salah satu produk BigBox, yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital, pun memiliki fitur bernama BigVision yang telah dilengkapi oleh AI.

BigVision mampu menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang yang berada di sana dan dapat mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut.

Teknologi BigVision bermanfaat bagi berbagai perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan perilaku orang lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lain yang banyak dilalui.

Selain itu, Telkom mengembangkan AI dalam bentuk chatbot yang membantu berbagai sektor untuk mendapatkan solusi terbaik.

Pada ekosistem myIndibiz, chatbot Bizy  mampu membantu UKM di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhan pada produk dan layanan digital yang ada di Leap-Telkom Digital.

Bizy mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif, sehingga solusi yang diberikan ke pelanggan lebih tepat sasaran.

Bizy dikembangkan dengan sangat interaktif, sehingga mampu membantu pelanggan menemukan solusi yang sesuai dengan tantangan yang hadapi serta menghasilkan data berharga yang memberikan wawasan tentang perilaku, preferensi, dan masalah pelanggan. (abm)