Telkom Tegaskan Fokus pada Segmen B2B

Jakarta, ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, perusahaan telekomunikasi dan digital di Indonesia dengan kode saham TLKM, menegaskan perannya dalam menghadirkan solusi digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis (busieness to business/B2B).
Melalui layanan ekosistem dan layanan Solusi digital yang terintegrasi, Telkom pun terus berupaya untuk mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis.
Direktur utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan terus mengalami pertumbuhan yang signifikan.
“Kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional diproyeksikan mengalami pertumbuhan mencapai 8 kali lipat,” jelas Ririek di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Senin (17/3/2025).
Telkom disebutnya turut memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional melalui percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.
Perseroan pun telah dan tengah memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi bagi pasar B2B.
Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.
Selaras, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Venusiana menegaskan bahwa Telkom Solution hadir untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services.
3 Solusi Unggulan
Telkom Solution berperan sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.
“Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu connectivity++, cyber security, serta artificial intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.
Selanjutnya, bisnis B2B Telkom akan berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain pada segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur.
Lebih lanjut, Venusiana menjelaskan bahwa Telkom Solution memiliki positioning yang berbeda dengan Indibiz.
Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil dan menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi. Sementara itu, Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.
Kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan makin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. (dmm)