Telkom Group Prediksi Trafik Lebaran Naik 28%

Jakarta, ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, atau dikenal sebagai Telkom Group, memprediksi lonjakan trafik data/internet (broadband) pada puncak Ramadan Idulfitri (Rafi) 2025 ini mencapai 20,35 tera byte per second (Tbps), atau meningkat 28% dari periode tahun sebelumnya.
Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, Telkom Group pun melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi 58,4 Tbps, atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.
Saat ini, Telkom Group memiliki 158,4 juta pelanggan Telkomsel (anak usaha), 9,69 juta pelanggan IndiHome (dikelola Telkomsel), 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.
Telkom Group telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.
“Kami memahami bahwa periode Ramadan dan Idulfitri merupakan momen dengan kebutuhan komunikasi sangat tinggi, baik untuk silaturahmi, menikmati beragam hiburan digital, melakukan berbagai transaksi digital, dan aktivitas digital lainnya,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dikutip InfoDgital.co.id, Kamis (20/3/2025).
Kenyamanan pelanggan, baik pelanggan ritel (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode Rafi 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan.
Menurut dia, Telkom Group telah melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial.
Pada saat yang sama, Telkom Group juga berkomitmen menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan optimal, kapasitas memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Kesiapan Telkomsel
Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan, sebagai bagian dari Telkom Group, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Rafi 2025.
Dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband, kami berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Rafi 2025.
“Kami bersama Telkom Group dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi Masyarakat,” ujar Nugroho.
Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, Telkom Group telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di 476 point of interest (PoI).
PoI mencakup titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah.
Telkomsel pun telah melakukan penguatan lebih dari 234 ribu BTS 4G dan 5G. Pada periode Rafi 2025, pelanggan Telkom Group dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.
Khusus Telkomsel, trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode Rafi sebelumnya, atau 13,16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69,14 Petabytes (PB) pada puncak Rafi 2025. (dmm)