Pasca-Merger, XLSMART Raih Laba Rp313 Miliar
Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, emiten telekomunikasi digital dengan kode sham EXCL, mencatat kinerja laba bersih Rp313 miliar pada kuartal II-2025 pascamerger.
XLSMART merupakan Perusahaan telekomunikasi digital hasil gabungan usaha antara PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom pada Maret 2025.
Sementara itu, XLSMART berhasil meraih total pendapatan Rp10,50 triliun pada kuartal II-2025, meningkat 22% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).
Selanjutnya, EBITDA yang dinormalisasi (normalized EBITDA) sebesar Rp4,97 triliun dengan normalized EBITDA margin 47% dan laba bersih yang dinormalisasi (normalized PAT) sebesar Rp 313 miliar.
Kontribusi pendapatan layanan data dan digital terhadap total pendapatan mencapai lebih dari 91%. Secara keseluruhan, pendapatan XLSMART pada semester I-2025 mencapai Rp19,10 trlliun.
“Kuartal II-2025 menjadi tonggak penting bagi XLSMART,” ungkap Presiden Direktur & CEO XLSMART Rajeev Sethi, dalam pernyataannya, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (27/8/2025).
Dua setengah bulan setelah proses merger dilakukan, lanjut dia, XLSMART menghadapi tantangan eksternal maupun internal. Secara eksternal, industri telekomunikasi digitak masih diwarnai kompetisi yang ketat.
“Sedangkan secara internal, kami perlu memastikan operasional perusahaan tetap solid sehingga layanan kepada pelanggan tetap optimal,” jelasnya.
Konsolidasi dan ARPU
XLSMART juga disebutnya terus fokus melakukan konsolidasi dan integrasi di berbagai lini pascamerger agar kinerja perusahaan tetap berada di jalur yang tepat (on track).
Sejumlah pencapaian penting telah terwujud pada kuartal kedua tahun ini pascamerger. Beberapa di antaranya, tercipta skala bisnis yang makin besar, integrasi jaringan berlangsung sesuai rencana, serta meningkatnya pengalaman pelanggan.
Selain itu, perusahaan tengah menjalankan modernisasi jaringan untuk memperluas kapasitas dan mempersiapkan pemanfaatan teknologi yang terbaru.
Dengan jaringan yang lebih luas, kapasitas yang lebih besar, dan strategi multi-brand, XLSMART siap memperkuat posisinya sebagai motor transformasi digital Indonesia.
“Kami bersyukur dapat terus menjaga pertumbuhan pendapatan, masih meraih profitabilitas, serta menghadirkan layanan yang inklusif, inovatif, dan bernilai tambah bagi seluruh pelanggan,” ucap Rajeev.
Hingga akhir kuartal II- 2025, total jumlah pelanggan XLSMART bertambah mencapai 82,6 juta, dengan ARPU campuran (blended) tetap di kisaran Rp 36 ribu.
Pencapaian jumlah pelanggan serta ARPU campuran sejumlah tersebut merupakan hasil konsolidasi pascamerger yang sudah selesai dilakukan. (bdm)
Kinerja dan Pencapaian XLSMART
Kinerja | Pencapaian | Tumbuh (%) |
Pendapatan | Rp10,50 triliun | 22 |
EBITDA | Rp4,97 triliun | 10 |
Pelanggan | 82,6 juta | 41 |
Pengguna MyXL, AxisNet, dan mySmartfren | 41,4 juta | 43 |
Jumlah BTS | 209 ribu | 28 |
Sumber: PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, Agustus 2025
Periode: Kuartal II-2025
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now