OYO Indonesia Didukung 2.500 Agen Super
Jakarta, ID – OYO, platform digital perhotelan, mencatat pertumbuhan pesat di Indonesia ditopang oleh lebih dari 2.500 super agent. OYO mengalokasikan investasi bulanan US$ 100–200 (Rp1,55 juta–Rp3,1 jutaan) per kota untuk keagenan.
Super agent portal merupakan sebuah inisiatif yang dirancang untuk memberdayakan individu dan agen perjalanan agar dapat memperoleh penghasilan dengan memesan akomodasi melalui jaringan hotel OYO yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sejak diluncurkan awal 2025 ini, jumlah super agent terdaftar OYO telah mencapai lebih dari 2.500 orang, meningkat 10 kali lipat dibandingkan awal tahun.
Country Supply and Operational Head OYO Indonesia Hendro Tan mengatakan, super agent bukan sekadar membuka saluran penjualan baru, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi nyata bagi masyarakat lokal.
“Pertumbuhan 10 kali lipat ini mencerminkan antusiasme tinggi dari individu yang ingin menjadi bagian dari ekosistem OYO. Ke depan, kami akan fokus membangun komunitas super agent di berbagai kota untuk memperluas dampak positif program ini,” ujar Hendro, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (13/11/2025).
Melalui platform super agent, lanjut dia, para agen dapat mengakses ribuan properti OYO di seluruh Indonesia, memperoleh komisi yang kompetitif tanpa modal awal, serta menikmati fitur pelacakan kinerja secara real-time, dukungan bisnis, dan program pelatihan berkelanjutan.
Inisiatif tersebut pun kini menjadi salah satu pilar utama strategi investasi OYO dalam memperkuat saluran distribusi offline sekaligus memberdayakan profesional muda dan wirausahawan mikro untuk tumbuh bersama dengan ekosistem perjalanan Indonesia.
Pendapatan Agen
Program tersebut pun telah membukukan pendapatan total sebesar USS 75.000 (sekitar Rp1,16 miliar) bagi para agen, tumbuh 10 kali lipat secara tahunan (year-on-year). Ini menunjukkan makin kuatnya ekosistem penjualan berbasis komunitas yang dibangun OYO di Indonesia.
Sementara itu, investasi bulanan USD$100–200 per kota OYO untuk keagenan difokuskan untuk mendukung proses onboarding digital melalui Meta Ads, kegiatan aktivasi dan pelatihan agen, serta pemberian insentif dan voucher bagi para super agent.
Pendekatan tersebut terbukti efektif dalam menjaga momentum pertumbuhan dan meningkatkan partisipasi komunitas agen OYO di berbagai wilayah Tanah Air.
Selain itu, OYO menyalurkan komisi sekitar US$5.000 (Rp77,5 jutaan) per bulan kepada para super agent aktif serta voucher senilai sekitar US$450 (sekitar Rp7 jutabn) per bulan sebagai bentuk apresiasi dan dorongan semangat kepada para agen yang berkontribusi dalam memperluas jaringan distribusi offline OYO.
Ke depan, OYO pun akan terus memperkuat jaringan komunitas super agent dengan membangun engagement yang lebih dalam di lima kota utama, yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Bali.
Hal itu dilakukan agar semakin banyak pelaku usaha lokal yang dapat merasakan manfaat dari peluang ekonomi di sektor perjalanan dan perhotelan Indonesia. (bdm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now



