Kenali 3 Fitur Baru Saluran dan Status pada Tab Pembaruan WhatsApp

Jakarta, ID – WhatsApp terus berinovasi demi mempermudah dan memanjakan para penggunanya. Kali ini, WhatsApp memperkenalkan 3 fitur baru untuk tab Pembaruan, yang merupakan rumah Saluran dan Status.
Selama dua tahun terakhir, WhatsApp telah bekerja untuk membuat tab Pembaruan menjadi tempat pengguna menemukan hal baru, dan sekarang tab ini dipakai oleh 1,5 miliar orang per hari.
“Kami terdorong oleh antusiasme tersebut dan juga ingin membantu admin, organisasi, dan bisnis berkembang di WhatsApp,” ungkap WhatsApp, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (17/6/2025).
Karena itu, WhatsApp pun membuat 3 fitur baru pada tab Pembaruan.
1. Langganan saluran
Pengguna WhatsApp bisa mendukung saluran favorit dengan berlangganan untuk menerima info eksklusif dengan biaya bulanan.
2. Saluran yang dipromosikan
WhatsApp akan membantu menemukan saluran baru yang mungkin menarik bagi pengguna saat melihat-lihat direktori. Untuk pertama kalinya, admin pun bisa meningkatkan visibilitas salurannya.
3. Iklan di Status
Pengguna WhatsApp bisa menemukan bisnis baru dan dengan mudah memulai percakapan tentang produk atau layanan yang dipromosikan bisnis tersebut di Status.
Namun, WhatsApp Kembali menegaskan 3 fitur baru tersebut hanya akan muncul di tab Pembaruan, jauh dari chat pribadi pengguna.
Itu artinya, jika Anda menggunakan WhatsApp hanya untuk chat dengan teman dan orang-orang tercinta, pengalaman menggunakannya tidak akan berubah.
Iklan Pertimbangkan Privasi
Seperti semua hal, WhatsApp juga telah membangun fitur iklan dengan cara seprivat mungkin.
Pesan pribadi, panggilan telepon, dan status pengguna tetap akan terenkripsi secara end-to-end, yang berarti tidak satu pun (bahkan WhatsApp) bisa melihat atau mendengarkannya.
Untuk menampilkan iklan di Status atau Saluran yang mungkin penting bagi pengguna, WhatsApp pun akan menggunakan informasi terbatas, seperti negara atau kota, bahasa, dan Saluran yang diikuti, serta interaksi dengan iklan yang dilihat.
Bagi pengguna yang memilih menambahkan WhatsApp ke Pusat Akun, WhatsApp juga akan menggunakan preferensi iklan dan informasi dari seluruh akun Meta.
“Kami tidak akan pernah menjual atau membagikan nomor telepon Anda ke pengiklan. Pesan pribadi, panggilan telepon, dan grup yang Anda ikuti tidak akan digunakan untuk menentukan iklan yang mungkin Anda lihat,” ungkap WhatsApp.
Selama bertahun-tahun, Whatspp sudah membicarakan rencana membuat bisnis yang tidak mengganggu chat pribadi pengguna. Whatspp juga yakin, tab Pembaruan akan menjadi tempat yang tepat agar fitur tersebut berfungsi.
Bagi bisnis dan admin Saluran yang ingin memulai, informasi selengkapnya tentang cara melakukannya, Whats mengarahkan ke tautan di sini. (bdm)