Infodigital.co.id

Internet XLSMART Terbaik Kedua di Sumatra

Tampak teknisi XL Axiata sedang merawat BTS. (Dok XL Axiata)

Jakarta, ID – Layanan telekomunikasi dan internet seluler PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, emiten telekomunikasi digital dengan kode saham (EXCL), saat ini menjadi yang terbaik kedua di pulau Sumatra.

Saat ini, terdapat tiga operator seluler di Indonesia. Selain XLSMART (gabungan PT XL Axiata Tbk dan PT Smartfren Telecom Tbk), dua lainnya ada Telkomsel (anak usaha PT Telkom Indonesia Persero Tbk) dan PT Indosat Tbk atau dikenal juga sebagai Indosat Ooredoo Hutchison.

“XLSMART kini menempati peringkat strong #2 di wilayah West Region, menunjukkan daya saing yang semakin kuat dalam industri telekomunikasi nasional,” ujar ungkap Presiden Direktur dan CEO XLSMART Rajeev Sethi, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (10/5/2025).

Menurut dia, XLSMART baru saja menambah layanan konektivitas di 153 kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di pulau Sumatra (West Region). Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Wilayah Indonesia di bagian barat tersebut dikenal sebagai salah satu jalur strategis nasional dengan pertumbuhan kebutuhan konektivitas yang terus meningkat.

“Pembentukan XLSMART merupakan langkah penting untuk memperkuat kehadiran kami di wilayah West Region, yang mencakup keseluruhan pulau Sumatra dan kepulauan di sekitarnya,” imbuhnya.

Menurut dia, wilayah Wset Region memiliki posisi strategis dan potensi pasar yang besar, terutama dengan pertumbuhan kebutuhan konektivitas yang terus meningkat.

“Kehadiran XLSMART akan mendorong pemerataan akses digital yang inklusif di seluruh Sumatra,” imbuhnya.

Melalui kekuatan jaringan dari XL Axiata dan Smartfren, XLSMART berinvestasi besar dalam pengembangan infrastruktur jaringan, termasuk peningkatan 4G dan penerapan teknologi otomasi.

Perluasan jaringan Smartfren kini pun telah berjalan optimal dengan memberikan pengalaman komunikasi yang lebih berkualitas bagi pelanggan.

Terus Investasi

Pengguna layanan XLSMART pun kini bisa menikmati jaringan yang lebih luas, dengan tambahan layanan di 153 kota di seluruh Indonesia untuk melayani lebih dari 94,5 juta pelanggan.

Smartfren mendapatkan kenaikan jumlah base transceiver station (BTS) hingga 300%, sehingga memperkuat kualitas dan kecepatan jaringan di wilayah tersebut.

Dengan kualitas jaringan yang lebih andal tersebut, XLSMART siap mendukung kebutuhan digital masyarakat sehari-hari. Layanan di West Region pun akan terus diperluas melalui penguatan infrastruktur backbone mobile dan fiber optik.

“Investasi tersebut mendukung pengembangan layanan fixed mobile convergence (FMC) dan fixed broadband (FBB), serta memastikan kualitas jaringan yang lebih stabil baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan,” jelas Rajeev.

Selaras dengan strategi nasional, di West Region, XLSMART juga akan tetap mempertahankan tiga merek utama XL, AXIS. Sedangkan Smartfren akan dapat menjangkau segmen pasar secara lebih tepat sasaran. (dmm)

Komentar

Iklan