Indosat dan Google Cloud Hadirkan Fitur Pencarian Berbasis AI
Jakarta, ID – PT Indosat Tbk atau Indosat Ooredoo Hutchison meluncurkan fitur pencarian terbaru dengan memanfaatkan teknologi Semantic Search berbasis AI dalam aplikasi myIM3 dan bima+.
Bekerja sama dengan Google Cloud, teknologi tersebut memungkinkan pelanggan melakukan pencarian secara lebih relevan, personal, dan efisien, sehingga memudahkan temukan produk dan layanan sesuai kebutuhan.
Inisiatif itu menandai langkah dan gerabrakan baru Indosat dalam menghadirkan pengalaman digital yang lebih cerdas dan intuitif bagi para pelanggannya.
Kemampuan pencarian didukung oleh platform Vertex AI Google Cloud, sehingga memungkinkan sistem memahami perilaku dan preferensi pelanggan secara mendalam.
Dengan demikian, pencarian layanan, seperti paket data, fitur gaya hidup, hingga program loyalti seperti IMPoin dan BonsTri dapat disesuaikan secara dinamis dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
“Dengan dukungan Google Cloud, kami menghadirkan sistem pencarian yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memberikan nilai tambah nyata, baik dari sisi kenyamanan pengguna maupun peningkatan nilai bisnis,” ungkap Director & Chief Commercial Officer Indosat Bilal Kazmi, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (22/8/2025).
Kolaborasi dengan Google Cloud disebutnya merupakan langkah strategis dalam menghadirkan pengalaman digital yang lebih pintar, personal, dan relevan bagi pelanggan kami.
“Bagi Indosat, sudah menjadi komitmen kami bahwa teknologi harus mempermudah hidup, mendekatkan layanan, dan menjadi sarana untuk memberdayakan Indonesia dalam menghadapi era digital,” tuturnya.
Country Director Indonesia Google Cloud Fanly Tanto menambahkan, sebagai pelopor dalam program Indonesia BerdAIa dari Google Cloud, Indosat berada di garis depan dalam menghadirkan inovasi berbasis AI guna memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang.
Teknologi Vertex AI Search dirancang untuk memahami pertanyaan dalam Bahasa Indonesia maupun Inggris, termasuk makna semantik di balik pertanyaan serta variasi ejaannya.
“Hal ini akan membantu memberikan rekomendasi layanan digital yang lebih relevan, sesuai dengan beragam gaya hidup jutaan pengguna myIM3 dan bima+,” ucap Fanly.
Pengalaman Pelanggan dan Voucher
Implementasi teknologi Google Cloud itu menunjukkan kombinasi antara platform Google Cloud dan mesin pencari Google dapat terintegrasi dengan model AI Indosat, sehingga mampu menciptakan pengalaman digital yang lebih cerdas dan personal bagi pelanggan.
Apalagi, kebutuhan pengalaman yang dipersonalisasi makin menjadi standar baru dalam dunia digital. Menurut riset McKinsey, dalam ‘Next to Personalization’, sebanyak 71% konsumen menginginkan interaksi yang personal dari sebuah brand.
Bahkan, personalisasi berbasis AI mampu meningkatkan efisiensi perusahaan.
Sementara itu, sebagai bagian dari peluncuran tersebut, Indosat menghadirkan kampanye interaktif ‘30 Hari Mencari Harta Karun’, yang berlangsung dari 21 Agustus hingga 19 September 2025.
Melalui gamifikasi pencarian berbasis AI, pelanggan diajak mencari kata kunci atau kueri penelusuran di akun media sosial Instagram official IM3 @indosatim3 dan Instagram official Tri @triindonesia, lalu mengaksesnya di kolom pencarian pada aplikasi myIM3 atau bima+.
Pengguna yang paling aktif pun akan berkesempatan untuk memenangi berbagai hadiah e-voucher dengan total hadiah hingga Rp5,5 juta.
Untuk mengikuti, pelanggan bisa mengunduh aplikasi myIM3 dan bima+ melalui tautan https://myim3.co/getnow (myIM3) dan https://bima-3.co/getnow (bima+). (dmm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now