Dana Kini Bisa untuk Belanja di Indomaret
Jakarta, ID – Aplikasi DANA, dari PT Espay Debit Indonesia Koe, perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital, bisa digunakan untuk transaksi pembayaran belanja menggunakan QRIS di Indomaret mulai 1 Oktober 2025.
Layanan DANA tersebut telah tersedia di lebih dari 23.100 cabang Indomaret seluruh Indonesia. Kapabilitas ini sekaligus melengkapi fitur yang telah tersedia sebelumnya, seperti isi ulang saldo dan tarik tunai saldo DANA.
VP of Merchant Strategy DANA Indonesia Luqman Ibnu mengatakan, sejak menjalin kemitraan dengan Indomaret, pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman transaksi digital yang lebih menyeluruh.
“Kami ingin masyarakat dapat mengandalkan DANA sebagai solusi pembayaran terpadu saat berbelanja di Indomaret,” ujar Luqman, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (17/10/2025).
Dengan jaringan Indomaret yang luas, penambahan kapabilitas baru DANA tersebut tidak hanya memberikan nilai tambah bagi masyarakat, tetapi juga mendukung implementasi QRIS dari Bank Indonesia.
“Ini yang makin mempermudah masyarakat dalam beradaptasi dengan ekosistem pembayaran digital,” tuturnya.
Sementara itu, bagi Indomaret, integrasi QRIS di aplikasi DANA menjadi langkah strategis untuk memperluas opsi pembayaran nontunai yang aman, mudah, dan efisien.
Inisiatif tersebut juga selaras dengan tren serta kebutuhan konsumen masa kini yang makin mengedepankan kenyamanan dan fleksibilitas dalam bertransaksi.
Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bastari Akmal menambahkan, Indomaret terus berupaya menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman dan relevan dengan gaya hidup masyarakat modern.
“Kolaborasi dengan DANA ini menjadi salah satu bentuk nyata komitmen kami dalam memperluas ekosistem pembayaran digital di seluruh jaringan Indomaret,” ucap Bastari.
Belanja Mudah dan Praktis
Untuk melakukan pembayaran, pelanggan yang ingin berbelanja di Indomaret cukup membuka aplikasi DANA dan memilih menu ‘Tunjukkan QRIS’.
Selanjutnya, pelanggan bisa menunjukkan tampilan QRIS yang muncul pada layar kepada kasir untuk dipindai. Transaksi kemudian akan langsung diproses secara real-time.
Sementara itu, kemudahan berbelanja menggunakan QRIS di aplikasi DANA diakui oleh Qibran, karyawan swasta yang telah menggunakan DANA sejak 2017 serta pelanggan setia Indomaret.
“Transaksinya cepat dan mudah sekali, hanya hitungan detik sudah berhasil tanpa perlu menunggu lama,” ungkap Qibran.
Saat ini, pilihan transaksi belanja masih menggunakan saldo DANA. Tapi, ke depannya, pilihannya bisa ditambah pilihan sumber dana lainnya, seperti kartu debit atau kredit.
Penambahan kapabilitas tersebut juga menegaskan peran DANA dan Indomaret dalam mendukung inklusi keuangan digital di Indonesia.
Melalui integrasi QRIS, kedua perusahaan berharap dapat mendorong lebih banyak masyarakat beralih ke transaksi nontunai yang lebih aman, mudah, dan nyaman. (dmm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now