Infodigital.co.id

Ada 3 Pembaruan di Layanan Bisnis WhatsApp, Facebook, dan Instagram

Tiga pembaruan utama Meta di 3 platformnya. (Dok Meta)

Jakarta, ID – Meta Platforms Inc, raksasa teknologi global yang dikomandoi Mark Zuckerberg, telah, tengah, dan akan membuat tiga pembaruan utama layanan bisnis pada platform jejaring sosial WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Dalam Konferensi Percakapan Global di Miami, Selasa (1/7/2025) waktu Amerika Serikat, Meta pun memperkenalkan pembaruan dan rencananya di WhatsApp, Facebook, dan Instagram bagi pengguna bisnis dan konsumen.

Hal itu dilakukan karena Meta ingin menjadikan media jejaring sosial yang dikelolanya tersebut tempat yang nyaman bagi pengguna pebisnis dan konsumen.

Berikut penjelasan tiga pembaruan utama yang dikerjakan oleh Meta.

1. Rampingkan Pemasaran di WhatsApp, Facebook, dan Instagram

Meta ingin menyederhanakan cara berbisnis serta membuat dan mengelola strategi pemasaran di WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Semuanya bisa dilakukan di Pengelola Iklan (Ads Manager).

“Kini, bisnis dari semua ukuran dapat menggunakan alur penyiapan, alur kerja, dan anggaran yang sama di satu tempat terpusat,” ungkap Meta, dalam keterangannya, dikutip InfoDigital.co.id.

Setelah terintegrasi, bisnis nantinya dapat mengunggah daftar pelanggan dan memilih pesan pemasaran secara manual sebagai penempatan tambahan, atau menggunakan Advantage+.

Setelah tersedia, bisnis yang tertarik membuat iklan di Status juga dapat melakukannya dari Ads Manager.

2. Perluas Dukungan AI

Selanjutnya, seiring dengan makin banyaknya pelanggan yang datang, bisnis juga membutuhkan dukungan fitur tambahan untuk menanggapi masuknya banyak obrolan.

Di situlah, AI diharapkan dapat membantu. Meta tengah menjajaki Business AI (AI Bisnis) yang dapat memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan memfasilitasi penjualan di situs web bisnis mana pun.

Lalu, Meta juga ingin bisnis bisa menindaklanjuti pelanggan untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi terbaru langsung dalam obrolan WhatsApp.

“Dan segera, kami akan memperluas AI Bisnis ke lebih banyak bisnis di Meksiko,” tutur Meta.

3. Tambahkan Opsi Panggilan dan Suara

Dalam beberapa pekan mendatang, Meta juga akan membuat bisnis lebih besarpengguna WhatsApp Business Platform dapat menerima panggilan dari pelanggan ketika ingin berbicara secara langsung.

Atau sebaliknya juga, pebisnis bisa menelepon pelanggan secara langsung.

Dan mulai segera, WhatsApp akan memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan suara untuk dukungan tambahan, atau membuat panggilan video yang dapat membantu untuk hal-hal seperti janji temu telehealth.

“Membawa pembaruan panggilan dan suara ke WhatsApp Business Platform akan membantu orang berkomunikasi dengan cara paling sesuai dan membuka jalan bagi dukungan suara yang mendukung AI di masa mendatang,” ungkap Meta.

Selanjutnya, Meta pun menginginkan tanggapan (feedback) dan mendengar bagaimana pembaruan tersebut bisa membantu bisnis untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi. (dmm)

Komentar

Iklan