Transaksi Live Streaming TikTok Naik 30 Kali Lipat
Jakarta, ID – Tokopedia dan ShopTokopedia, melalui perhelatan Summit pada Rabu (15/01/2025) di Jakarta, mencatat transaksi penjual yang berpromosi live streaming di TikTok naik rata-rata 30 kali lipat.
Melihat tren positif tersebut, Tokopedia dan ShopTokopedia pun akan mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia.
“Kita berada di era discovery e-commerce, di mana konten promosi berupa video, baik short video maupun live streaming, bisa berikan pengalaman lebih menarik dan akhirnya mempengaruhi keputusan seseorang membeli,” ungkap Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce Melissa Siska Juminto, dikutip InfoDigital.co.id.
Demi membantu pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, pihaknya akan mendorong penjual untuk memanfaatkan short video hingga live streaming dalam hal promosi, melalui inisiatif seperti ShopTokopedia & Tokopedia Summit.
Menurut dia, ShopTokopedia & Tokopedia Summit merupakan acara yang menghadirkan sederet pakar dan ruang diskusi bagi sesama pelaku industri e-commerce.
Tujuannya diadakan untuk memberdayakan penjual dan kreator, membina komunitas yang kolaboratif, dan menampilkan kisah inspiratif untuk memotivasi pertumbuhan bisnis di Indonesia.
Melissa menambahkan, ShopTokopedia & Tokopedia Summit menandai sinergi yang makin kuat terutama dalam memberdayakan pelaku usaha dan kreator untuk memajukan perekonomian Tanah Air.
“Berkat sinergi yang makin kuat, layanan kami sudah bisa dijangkau oleh lebih dari 200 juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya.
Artinya, jutaan penjual di platform TikTok punya potensi yang sangat besar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan lewat jangkauan pengguna.
Bahkan, sebuah riset menunjukkan bahwa sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95%.
Pembicara Kunci
Sementara itu, salah satu pembicara kunci yang juga menghadiri ShopTokopedia & Tokopedia Summit adlah Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI Iqbal Shoffan Shofwan, MSi.
Dia pun berpendapat bahwa pelaku usaha adalah motor penggerak ekonomi. Integrasi yang kuat antar berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membawa pelaku usaha kita naik kelas.
“Jadi, kami sangat mengapresiasi penyelenggaraan ShopTokopedia & Tokopedia Summit,” tutur Iqbal.
Menurut dia, acara tersebut memberikan pemahaman komprehensif bagi pelaku usaha, termasuk juga kreator, untuk makin relevan dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, lewat ruang diskusi, pemaparan para pakar, serta kelas bisnis online yang sangat beragam.
“Upaya ini diharapkan bisa makin memperkaya keterampilan pelaku usaha, mempercepat laju pertumbuhan usaha, dan mewujudkan ekonomi nasional yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan,” pungkas Iqbal. (dmm)