Infodigital.co.id

Indosat Tingkatkan Jaringan 20% Sambut Nataru

Kesiapan jaringan Indosat sambu Nataru. (Dok Indosat)

Jakarta, IDPT Indosat Tbk, atau emiten telekomunikasi digital yang dikenal juga sebagai Indosat Ooredoo Hutchison berkode saham ISAT, telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20% dibandingkan rata-rata harian untuk sambut momen Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).

Penguatan jaringan Indosat didukung lebih dari 210.000 BTS 4G dan 5G, serta beberapa Mobile BTS (MBTS) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di penghujung 2025 dan awal tahun 2026.

Optimalisasi jaringan Indosat juga dilakukan di lebih dari 500 titik aktivitas utama, mulai dari bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, hingga destinasi wisata, serta di 55 rute perjalanan seperti jalan tol, jalan dalam kota, dan jalur kereta api.

Seluruh proses pemantauan dan pengelolaan jaringan dilakukan terpusat di Digital Intelligence Operation Center (DIOC), pusat operasi berbasis AI yang menghadirkan otomasi menyeluruh.

Melalui DIOC, sistem dapat menyesuaikan kapasitas jaringan secara adaptif dan real-time, memastikan layanan tetap optimal sesuai kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Periode akhir tahun selalu menjadi saat yang penting bagi masyarakat untuk tetap terhubung, baik untuk saling berkomunikasi maupun mendapatkan informasi penting,” ujar President Director and Chief Executive Officer Indosat Vikram Sinha, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (24/12/2025).

Di tengah meningkatnya kebutuhan ini, lanjut dia, Indosat berupaya menghadirkan layanan yang benar-benar andal.

“Semangat Indosat ANDAL tercermin dari kesiapan tim kami yang bekerja sepanjang waktu menjaga performa jaringan dengan dukungan teknologi AI agar konektivitas tetap stabil dan mampu menjangkau pelanggan di berbagai kondisi, termasuk mereka yang berada di wilayah terdampak,” imbuhnya.

Posko dan Teknologi AIvolusi5G

Untuk memperkuat kesiapan operasional, Indosat tidak hanya mengaktifkan posko (pos Komando) mandiri guna memastikan koordinasi yang efektif dan respons yang cepat selama periode libur akhir tahun. Perseroan pun berpartisipasi dalam Posko Gabungan yang dibentuk oleh Kemkomdigi di sejumlah titik dengan tingkat kunjungan pelanggan yang tinggi mulai dari 19 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.

Indosat juga mengimplementasikan teknologi Digital Twin dan AI Agent sebagai pengembangan teknologi terbaru.

Melalui teknologi Digital Twin, jaringan Indosat direplikasi secara virtual untuk memproyeksikan topologi dan kinerja jaringan ke dalam suatu mesin simulasi.

Sementara itu, AI Agent dengan sistem kolaboratif antaragen cerdas dimanfaatkan untuk melakukan diagnosis serta otomatisasi operasional jaringan. Keduanya berkolaborasi membentuk satu pusat kekuatan operasi cerdas yang bersifat otonom.

Pada periode Nataru kali ini, Indosat turut mengimplementasikan teknologi AIvolusi5G, kombinasi kecanggihan kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) dan jaringan 5G. Teknologi ini memungkinkan layanan yang lebih aman, cerdas, dan responsif.

Selain itu, Indosat memperkuat perlindungan pelanggan melalui fitur anti-spam dan sistem penyaring ancaman digital, memastikan layanan dapat digunakan secara aman dan nyaman dalam berbagai situasi.

Tak hanya itu, Indosat aktif melakukan upaya peningkatan literasi keamanan siber masyarakat, termasuk lewat kampanye SMS blast, untuk mengedukasi pelanggan mengenai perilaku digital yang aman serta memperkuat perlindungan terhadap potensi ancaman siber selama periode lonjakan penggunaan layanan internet. (lmm)

Komentar

Iklan