Trafik Data Nataru Berpotensi Naik 30%
Jakarta, ID – Trafik layanan data/internet tiga operator telekomunikasi seluler di Tanah Air diperkirakan naik hingga 30% saat momen puncak libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).
Saat ini, di Indonesia beroperasi tiga operator seluler, yakni Telkomsel, PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison), dan PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk. Ketiganya mengoperasikan total 763.949 BTS, data per 30 September 2025.
Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid pun meminta operator seluler meningkatkan kapasitas BTS-nya untuk mengakomodasi kebutuhan telekomunikasi masyarakat di masa libur Nataru.
“Kebutuhan (trafik) telekomunikasi (Nataru) diperkirakan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa,” ungkap Meutya, dalam ‘Apel Siaga Satuan Tugas Kualitas Layanan Telekomunikasi Nataru 2025/2026’ di Kantor Kementerian Komdigi, Jakarta Pusat, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (19/12/2025).
Guna memantau kualitas layanan telekomunikasi di Tanah Air, Kemkomdigi pun membentuk Satuan Tugas Posko Bersama yang beroperasi mulai 19 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Sebanyak 255 posko bersama juga disiagakan di berbagai daerah, termasuk 35 posko pengawasan spektrum frekuensi radio di bandar udara.
Kesiapan XLSMART
Sementara itu, XLSMART juga memprediksi lonjakan trafik data berkisar 20-30% pada periode libur Nataru mendatang. Karena itu, perseroan mempersiapkan jaringan terintegrasi dengan kapasitas 2-3 kali lipat lebih besar daripada hari normal.
Sementara itu, peningkatan trafik data terutama ditopang meningkatnya penggunaan layanan digital, antara lain streaming, gim, dan berbagi kanal media sosial (Instagram, Tik Tok, Facebook), serta peta digital (Google Maps).
XLSMART berusaha untuk menjamin kenyamanan pelanggan di lebih dari 138 jalur utama di seluruh wilauah Indonesia, termasuk dengan memperkuat infrastruktur di sepanjang jalur tol baru Yogyakarta-Solo (Jawa Tengah).
Saat ini, XLSMART pun telah merampungkan persiapan menyeluruh pada jaringan terintegrasi pascamerger XL Axiata dan Smartfren pada April 2025 untuk menghadapi potensi lonjakan trafik siginifikan selama periode libur Nataru mendatang.
Kesiapan yang dilakukan mencakup peningkatan kapasitas, optimasi, dan penempatan tim siaga di lokasi-lokasi strategis yang diprediksi menjadi pusat pergerakan masyarakat.
“Melihat antusiasme dan besarnya minat masyarakat Indonesia untuk merayakan Natal dan Tahun baru, kami memastikan jaringan XLSMART siap sepenuhnya,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XLSMART Shurish Subbramaniam.
Persiapan Telkomsel
Menyambut momen Nataru mendatang, Telkomsel menegaskan komitmennya untuk menghadirkan jaringan andal, layanan mudah dijangkau, serta ragam produk dan penawaran spesial untuk mendukung pengalaman digital terbaik bagi masyarakat Indonesia.
Telkomsel pun memprediksi lonjakan trafik data siginfikan selama periode Nataru, terutama karena meningkatnya aktivitas pada layanan video streaming, social media, dan online gaming.
Untuk mengantisipasinya, Telkomsel telah mengantisipasi dengan optimalisasi jaringan 4G dan 5G di 437 titik keramaian, antara lain pusat perbelanjaan, jalur mudik, bandara, pelabuhan, area residensial, dan rumah ibadah, serta melakukan pemantauan melalui 15 Posko Siaga Network.
Adapun jaringan 5G Telkomsel tetap tersedia di kota-kota prioritas akan didukung dengan total lebih dari 5.000 BTS 5G pada akhir 2025, dan diperkuat dengan teknologi AI Autonomous Network.
Agar pelanggan tetap nyaman menikmati konektivitas di rumah, Telkomsel juga berupaya menjaga kualitas layanan internet rumah, di antaranya melalui modernisasi perangkat dan perbaikan proaktif.
Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna menympaikan, di momen penuh arti seperti Natal dan Tahun Baru, Telkomsel ingin setiap pelanggan merasakan bahwa jaringan selalu siap dan dapat diandalkan.
“Dengan penguatan jaringan dan teknologi terdepan, kami berkomitmen untuk menjaga kualitas konektivitas agar setiap momen kebersamaan dapat dinikmati dengan lancar,” pungka Indra. (bdm)




