Infodigital.co.id

Finnet Jaga Keamanan Layanan Pembayaran Digital

Layanan pembayaran Finnet. (Dok Telkom)

Jakarta, ID – PT Finnet Indonesia (Finnet), anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, menegaskan komitmennya untuk menjaga tata kelola dan integritas pembayaran digital yang aman serta mencegah berbagai macam praktik transaksi pembayaran ilegal.

Finnet pun terus berupaya untuk menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dalam seluruh layanan pembayaran digital yang dikelolanya.

Melalui produk unggulan Finpay PaymentFinpay Billing, dan Finpay Voucher, Finnet selalu memastikan seluruh transaksi yang dilakukan berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Perusahaan juga mendukung penerapan prinsip anti-pencucian uang (APU) dan pencegahan pendanaan terorisme (PPT) serta berbagai transaksi ilegal lainnya.

Selaras dengan penerapan GCG, Finnet senantiasa menjunjung tinggi nilai transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab sosial.

Setiap produk dan layanan dikembangkan dengan memperhatikan keterbukaan informasi, mulai dari prosedur transaksi, hingga kebijakan perlindungan data pelanggan.

“Penerapan prinsip tata kelola yang baik bukan hanya soal kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga bentuk tanggung jawab kami dalam menjaga kepercayaan pelanggan dan mitra bisnis,” ujar VP Corporate Secretary PT Finnet Indonesia Ido Laksono, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (19/11/2025).

Karena itu, Finnet juga telah menerapkan standar keamanan berlapis di setiap layanan yang disediakan, termasuk melalui sistem Know Your Customer berbasis digital (e-KYC) untuk memastikan identitas pengguna dan integritas para merchant terverifikasi dengan baik sebelum bertransaksi.

Langkah tersebut menjadi bagian dari komitmen Finnet dalam menjalankan prinsip  GCG secara konsisten guna menjamin bahwa setiap layanan hanya digunakan oleh pihak yang sah, terverifikasi, dan sesuai hukum berlaku.

Sebagai penyelenggara jasa sistem pembayaran yang terdaftar dan berizin di Bank Indonesia (BI), komitmen tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi internasional yang dimiliki.

Beberapa di antaranya,  ISO 27001 (Information Security Management System), ISO 37001 (Anti-Bribery Management System), ISO 22301 (Business Continuity Management System), ISO 9001 (Quality Management System), ISO 20000-1 (IT Service Management System/SMS), Payment Card Industry Data Security Standard (PCIDSS).

Sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) dengan seluruh penerapan standar tersebut, Finnet juga selalu mematuhi seluruh ketentuan dan regulasi yang berlaku dalam industri pembayaran digital.

Inklusi Keuangan Digital

Selain fokus pada keamanan dan tata kelola yang baik, Finnet  berperan aktif dalam mendorong inklusi keuangan digital di Indonesia.

Melalui berbagai layanan pembayaran yang dapat diakses oleh semua masyarakat, Finnet terus memberikan kemudahan bagi masyarakat agar dapat menikmati layanan keuangan digital yang aman, efisien, dan terpercaya, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

Ke depan, Finnet pun akan terus berinovasi dan memperkuat sistem keamanannya untuk menjaga kepercayaan para pelanggan dan para mitra bisnis.

Dengan berlandaskan prinsip  GCG secara konsisten, Finnet berkomitmen menjadi penyedia layanan fintech yang aman, transparan, dan bertanggung jawab, sejalan dengan upaya membangun ekosistem keuangan digital yang sehat dan berintegritas. (bdm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan