1 Miliar Orang Nonton dan Bisnis di TikTok

Jakarta, ID – Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia hingga tahun 2025 saat ini telah memanfaatkan dan menggunakan TikTok untuk mencari hiburan, penemuan, dan berbagi kreativitas, bahkan hingga untuk berbisnis.
Di TikTok, pengguna tidak hanya sekedar scrolling. Mereka juga aktif mencari informasi atau konten tertentu. Setiap hari, terjadi miliaran pencarian, meningkat lebih dari 40% dibandingkan tahun sebelumnya.
Komunitas di TikTok bukan hanya menjadi penikmat, melainkan juga berpartisipasi dalam membentuk budaya, menghidupkan tren global, dan mendorong perubahan perilaku baik di dalam maupun di luar platform.
“Selama lima tahun terakhir, kami pun bersama mitra telah menghadirkan peluang bagi brand untuk menjadi bagian dari pengalaman ini,” ujar Global Head of Product Operations and Solutions TikTok David Kaufman, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (15/7/2025).
Pada ajang tahunan TikTok World product summit yang ke-5, TikTok pun memperkenalkan rangkaian solusi bisnis baru yang dirancang dengan satu tujuan utama, yakni mendorong pertumbuhan bisnis.
TikTok membangun solusi branding yang mampu menarik dan mempertahankan perhatian audiens yang didukung dengan alat kreatif berbasis AI untuk memudahkan peningkatan campaign.
TikTok untuk bisnis pun dilengkapi fitur pencarian yang mendorong performa bisnis serta solusi otomatisasi yang memungkinkan pelaku bisnis dapat menciptakan dampak dari mana saja.
“TikTok sedang membangun solusi untuk berbagai tujuan bisnis dan strategi pemasaran,” jelasnya.
Karena itu, TikTok selalu berupaya mendengarkan masukan dari mitra pengiklan dan mengembangkan produk inovatif yang dapat dimanfaatkan dalam setiap tahap pemasaran.
“TikTok hadir bukan hanya sebagai platform hiburan, melainkan mitra bisnis unik, yang membantu pelaku bisnis untuk dapat mengubah perhatian dari audiens menjadi sebuah aksi yang mampu menghasilkan dampak bisnis yang nyata,” tutur Kaufman.
Tumbuh Bersama
Sementara itu, orang cenderung lebih mengingat brand yang mereka temui di TikTok saat menentukan apa yang ingin digunakan, tonton, dan beli, hingga ke mana mereka akan bepergian.
Sebagai platform yang imersif, pengguna TikTok juga dikenal tidak sekadar menonton konten, tetapi juga melakukan tindakan selanjutnya setelah menonton.
Sementara itu, TikTok Market Scope menjadi platform analitik pertama yang memungkinkan pengiklan untuk dapat mengidentifikasi, memahami, dan menggerakan audiens dalam setiap tahap pemasaran.
Melalui TikTok Market Scope, pengiklan dapat melihat dengan jelas faktor apa yang mendorong audiens.
Untuk memanfaatkan informasi tersebut, TikTok pun memperkenalkan Brand Consideration Ads, solusi pembelian tahap tengah atau mid-funnel baru yang memungkinkan pengiklan mengarahkan audiens yang tepat dari tahap pengenalan (awareness) sampai dengan tahap pertimbangan (consideration).
TikTok juga mempermudah pemasar untuk terhubung dengan berbagai mitra agensi dan kreator tepercaya yang telah dikurasi, yang memahami cara membuat konten yang khas TikTok.
Para mitra agensi tergabung dalam Partner Exchange di TikTok One, nama baru untuk TikTok Creative Exchange, serta TikTok One Creator Marketplace, yang kini juga tersedia bagi kreator di 26 negara. (bdm)