Smartfren Luncurkan Asisten Virtual AI ‘Sarah’

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, melalui layanan Smartfren, memperkenalkan Sarah, asisten virtual berbasis GenAI (artificial intelligence) untuk layanan pelanggan lebih cepat, responsif, dan solutif.
Sarah kini pun menjadi wajah baru dari Smartfren Care, yang hadir untuk membantu pelanggan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara praktis melalui platform digital.
Dirancang sebagai chatbot interaktif, Sarah dapat diakses langsung melalui WhatsApp (0888-1212-888), aplikasi MySmartfren, maupun situs resmi www.smartfren.com.
Melalui layanan Smartfren, XLSMART terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan berbagai inovasi dan juga layanan terbaiknya untuk seluruh pelanggan.
“Peluncuran Sarah merupakan bagian dari komitmen kami untuk memperkuat layanan pelanggan melalui solusi digital yang efisien dan mudah diakses,” ujar Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART, David Arcelus Oses di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (8/7/2025).
Dengan layanan tersebut, lanjut dia, pengguna Smartfren kini bisa mendapatkan informasi dan bantuan secara lebih cepat dan efisien, langsung dari genggaman tangan.
Selain itu, pelanggan akan mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik, seiring dengan upaya Smartfren membangun ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
David melanjutkan, dengan pendekatan yang lebih aktif, cerdas, dan personal, Sarah bukan sekadar chatbot, tapi representasi Smartfren sebagai teman digital yang selalu siap membantu.
Sarah hadir untuk membantu pelanggan mengakses informasi dan menyelesaikan berbagai kebutuhan layanan secara cepat, akurat, dan personal.
Layanan tersedia 24 jam setiap hari, sehingga memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi atau menyelesaikan kendala kapan pun dibutuhkan tanpa harus menunggu antrean layanan konvensional.
Dari Kuota hingga Produk
Melalui interaksi berbasis percakapan, Sarah dapat menjawab pertanyaan pelanggan, mulai dari cek kuota, Informasi paket dan tagihan, hingga informasi produk promo.
Didukung oleh teknologi GenAI yang terus belajar, kemampuan Sarah akan semakin akurat seiring waktu, menyesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.
Smartfren pun mengajak seluruh pelanggan untuk mencoba langsung berinteraksi dengan Sarah mulai Selasa (8/7/2025), dan merasakan pengalaman baru dalam berkomunikasi dengan layanan pelanggan.
Untuk mendukung kenyamanan dalam berkomunikasi, saat ini, pengguna Smartfren telah di dukung dengan jaringan XLSMART yang diperkuat dengan lebih dari 200 ribu BTS.
Mayoritas jaringan BTS XLSMART sudah 4G serta didukung jaringan tulang punggung fiber optik yang tersebar dan membentang di berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia. (bdm)