XLSMART dan Kibarnesia Latih UMKM Branding Digital

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk kembali menyelenggarakan program edukatif dan aplikatif untuk branding digital bertajuk Teman Pintar Indonesia berkolaborasi dengan Kibarnesia di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Program hasil kolaborasi XLSMART bersama Kibarnesia tersebut menyasar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk membantu naik kelas di era digital.
Workshop yang mengusung tema ‘NgeBranding Bisnis Modal Ngonten’ itu dilaksanakan dalam dua sesi bertempat di VidoHouse Pontianak baru-baru ini.
Head of Corporate Communications & CSR XLSMART Dani Miftahul Akhyar, selaku pembina dalam rangkaian kegiatan tersebut, mengatakan, XLSMART berharap dapat menjadi jembatan bagi para rekan-rekan UMKM untuk membangun kehadiran (branding) digital.
“Mereka pun diharapkan tidak hanya kuat secara visual, tetapi juga bermakna secara emosional. Krena, di balik setiap produk lokal, ada cerita yang layak dibagikan ke dunia,” dikutip InfiDigital.co.id, Sabtu (28/6/2025).
Antusiasme peserta sangat tinggi pada agenda ini terlihat dari kehadiran lebih dari 50 pelaku UMKM dari berbagai sektor yang bersemangat memperkuat identitas merek dan meningkatkan daya saing di pasar digital.
Wakil Walikota Pontianak Norhasanah Bahasan pun menyampaikan apresiasi terhadap sinergi XLSMART, Kibarnesia, dan semua pihak dalam mendukung Teman UMKM Kalbar agar terus tumbuh.
“Kegiatan ini menjadi ruang edukatif dan aplikatif bagi para pelaku UMKM Kalimantan Barat dalam menggali potensi branding dan storytelling melalui konten digital yang strategis.” tuturnya.
Materi Workshop
Sementara itu, materi workshop Teman Pintar mencakup teori branding dan storytelling yang disampaikan dengan pendekatan praktis oleh tiga narasumber yang telah berpengalaman di bidang branding dan pemasaran digital.
Mereka terdiri atas Alwa Rerizia (profesional coach branding creation), Certified Digital Marketing & Content Creator Leader Smartfren Community Pontianak), Nelly (professional business consultant), dan Oka Nurlaila (content creator sekaligus Head of Digital Marketing Kibarnesia).
Coach Alwa menekankan pentingnya konten berbasis cerita sebagai aset pemasaran yang mampu menciptakan koneksi emosional dengan konsumen.
Sementara itu, Coach Oka Nurlaila membuka perspektif peserta mengenai pentingnya memahami nilai karakter brand dan mengolahnya menjadi konten yang otentik, menarik, dan sesuai target audiens.
Pada sesi workshop, tanggal 10 Juni 2025, Coach Nelly memandu peserta untuk praktik pembuatan konten berbasis video, menggunakan contoh hasil produksi tim kreator manajemen Kibarnesia sebagai referensi.
Peserta dibekali pelatihan intensif dalam pembuatan konten, meliputi penulisan hook, penyusunan naskah, dan perencanaan visual.
Dengan bimbingan langsung dari para nasrasumber, pelaku UMKM diaharapkan aktif mengesplorasi teknik produksi sederhana namun efektif untuk media sosial bisnisnya. (bdm)