Kuartal I, Indonesia Unduh 870 Juta Gim Seluler

Jakarta, ID – Indonesia menempati peringkat pertama sebagai negara yang mengunduh (download) gim seluler terbanyak di kawasan Asia Tenggara dari 7 negara pada kuartal I-2025. Indonesia mengunduh 870 juta gim seluler.
Laporan tersebut dirangkum oleh Sensor Tower yang menawarkan analisis komprehensif pasar gim seluler yang diunduh pada pasar aplikasi App Store milik Apple dan Google Play Store milik Google.
Gim seluler merupakan gim yang diunduh dan dimainkan di perangkat mobile (seluler) yang mudah di bawa ke mana saja yang terdiri atas ponsel pintar (smartphone) sebagai motor utama, tablet, dan komputer jinjing (laptop).
“Indonesia menonjol sebagai pemimpin dalam unduhan gim seluler terbanyak mencapai 870 juta pada kuartal I-2025, meningkat 9% dari kuartal sebelumnya,” ungkap Principal Market Insights Manager Sensor Tower Donny Kristianto, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (8/6/2025).
Selanjutnya, Filipina dan Vietnam menyusul dengan masing-masing 366 juta dan 329 juta unduhan. Kemudian, unduhan terbanyak berikutnya ditempati Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Singapura. Selengkapnya bisa dilihat di tabel di bawah.
Sensor Tower menyebut, pada kuartal I-2025, kawasan Asia Tenggara menduduki peringkat pasar global terbesar kedua untuk unduhan 1,93 miliar gim seluler, cukup mengesankan.
Hal tersebut menunjukkan peningkatan 3% dari kuartal sebelumnya (IV-2024). Ini sekaligus mengonfirmasi tingginya minat dan pertumbuhan audiens di kawasan ini yang menginginkan pengalaman bermain gim baru.
Asia Tenggara saat ini pun menjadi kawasan pertumbuhan penting dalam industri gim seluler global, sehingga menghadirkan peluang signifikan bagi pengembang/developer dan para penerbitnya (publishers).
Dengan basis pemain yang terus berkembang dan potensi monetisasi yang meningkat, kawasan Asia Tenggara merupakan lanskap pasar yang dinamis dan menarik bagi industri gim seluler.
Genre Gim
Sementara itu, pada 7 negara kawasan Asia Tenggara yang dipantau, genre gim yang mudah diakses seperti Arkade dan Simulasi (Simulation) mendorong volume unduhan yang tinggi karena kemudahan bermain.
Namun, pendapatan pembelian dalam aplikasi sebagian besar didominasi oleh genre yang lebih mendalam, seperti Strategi (terutama 4X dan MOBA), Shooters, dan RPG.
Gim-gim tersebut yang seringkali menampilkan elemen sosial dan kompetitif, sehingga mendorong keterlibatan berkelanjutan dan pengeluaran pemain.
Genre gim teka-teki juga mendapatkan daya tarik yang signifikan, terutama yang memiliki karakter vhambatan masuk yang rendah dan potensi untuk viral.
Pasar Dinamis
Sensor Tower juga menyebutkan bahwa kawasan Asia Tenggara telah menghadirkan dan menjadi pasar gim seluler yang dinamis dan terus berkembang pesat.
Basis pemainnya yang besar dan aktif, ditambah dengan peningkatan monetisasi, menjadikannya kawasan utama untuk pertumbuhan dan inovasi dalam lanskap game global.
Ke depan, lanskap gim seluler di Asia Tenggara pun diperkirakan terus berevolusi secara dinamis dengan beragam genre yang menarik minat pemain dan penerbit lokal yang memperluas jangkauan globalnya.
Seiring meningkatnya persaingan, pengembang dan penerbit juga perlu menyempurnakan strateginya, menekankan lokalisasi yang mendalam, keterlibatan komunitas, pemasaran yang dipersonalisasi, insentif loyalitas, dan pengalaman pengguna yang lancar.
Pergeseran yang sedang berlangsung menuju kebiasaan konsumsi yang mengutamakan perangkat seluler pun menghadirkan peluang yang signifikan untuk inovasi dan perluasan pasar. (dmm)
Unduhan Gim Seluler Asia Tenggara
No | Negara | Unduhan (Juta) | Tumbuh (%) |
1. | Indonesia | 870 | 9 |
2. | Filipina | 366 | -1 |
3. | Vietnam | 329 | 2 |
4. | Thailand | 180 | -12 |
5. | Malaysia | 129 | 4 |
6. | Kamboja | 36 | -20 |
7. | Singapura | 14 | -1 |
Sumber: Sensor Tower Kuartal I-2025