Infodigital.co.id

GoBiz Berubah Jadi Aplikasi GoFood Merchant

GoBiz yang kini berubah jadi aplikasi GoFood Merchant . (Dok Gojek)

Jakarta, ID – Gojek, unit bisnis on-demand dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo), mengubah  GoBiz menjadi aplikasi GoFood Merchant dengan wajah baru untuk Mitra Usaha GoFood.

Peluncuran aplikasi GoFood Merchant dari Gojek pun disertai dengan beragam inovasi untuk makin mendukung pelaku usaha kuliner online agar naik kelas melalui teknologi yang lebih andal, efisien, dan sesuai kebutuhan bisnisnya.

“Pemanfaatan teknologi menjadi kunci yang mendorong pertumbuhan para Mitra Usaha di GoFood,” ujar Head of Food, Ads, and Merchants Gojek Sovan Kumar Ganguly dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (4/6/2025).

Sejak 2018, lanjut dia, aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan nama GoBiz  tersebut telah membantu jutaan Mitra Usaha untuk beradaptasi dengan teknologi digital dan memudahkan pengelolaan operasional bisnis.

“Pembaruan aplikasi GoBiz menjadi GoFood Merchant punmenandai konsistensi kami dalam menghadirkan #JalanPintarJualan melalui inovasi teknologi dari waktu ke waktu,“ imbuhnya.

3 Pengembangan

Sementara itu, dengan tampilan baru, aplikasi GoFood Merchant dibekali dengan berbagai pengembangan terkini yang telah ada di versi sebelumnya. Tiga pilar utama pengembangan di dalamya sebagai berikut.

1. Operasional

Fitur ‘Kelola Menu Sekaligus’ memberikan kemudahan dan kepraktisan Mitra Usaha GoFood yang memiliki lebih dari satu outlet (multi-outlet) mengedit dan mengunggah menu secara massal.

Mitra Usaha GoFood juga dapat menambahkan outlet baru dan mengubah informasi outlet secara mandiri di dalam aplikasi GoFood Merchant.

2. Pengelolaan Keuangan

Adanya pengawasan usaha yang lebih baik lewat pencairan dana dan laporan penjualan harian. Fitur ini membantu para Mitra Usaha untuk mengelola keuangan secara lebih efektif khususnya bagi yang baru membangun usahanya.

3. Pengelolaan Promo dan Iklan

Ragam promo dan iklan GoFood memberi fleksibilitas bagi Mitra Usaha dalam menentukan anggaran dan jenis promo yang sesuai.

Lewat dukungan teknologi dan fitur Promo Rekomendasi berbasis machine learning, Mitra Usaha juga dibantu menyusun strategi lebih tepat sasaran. Semua penawaran juga telah dikurasi oleh tim GoFood untuk hasil optimal dan eksposur maksimal.

Dukung Pelaku Kuliner

 

Gojek juga berkomitmen untuk mendukung lebih banyak pelaku usaha kuliner untuk tumbuh dan berkembang. Kini, pendaftaran Mitra Usaha GoFood bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Meski prosesnya mudah dan cepat, Gojek tetap memastikan keaslian data pemilik usaha melalui sistem verifikasi identitas yang sesuai standar industri. GoFood pun tetap aman diakses oleh pelaku usaha kuliner, termasuk UMKM, yang ingin menjangkau jutaan pelanggan secara digital.

Heru Dwi Soesilo, pemilik usaha 2080 Burger, berbagi pengalamannya membangun usaha secara digital dengan dukungan aplikasi GoFood Merchant sejak 2020.

“Dulu, saya hanya mengelola satu outlet dengan dua karyawan. Sekarang, usaha saya sudah berkembang menjadi 6 outlet dengan 50 karyawan di Jakarta dan Bali,” tutur Heru.

Menurut dia, tampilan aplikasi yang mudah dipahami memudahkan operasional sehari-hari dan membantua belajar banyak hal baru, termasuk mengatur promo dan pasang iklan yang kini jauh lebih praktis.

“Semua outlet pun bisa saya kelola dengan mudah berkat aplikasi GoFood Merchant,” jelasnya.

Sementara itu, bagi pelaku usaha kuliner yang ingin mendaftar sebagai bagian dari ekosistem Gojek, aplikasi GoFood Merchant tersedia untuk diunduh di Android. (bdm)

Komentar

Iklan