XLSMART Tingkatkan Pasar di Sulawesi dan Kalimantan

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, emiten telekomunikasi digital gabungan dari PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom dengan kode saham EXCL, mulai menggebrak dengan meningkatkan pangsa pasar di Sulawesi dan Kalimantan.
XLSMART siap mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Nusantara, termasuk di wilayah strategis seperti Sulawesi dan Kalimantan yang memiliki potensi besar.
Presiden Direktur dan CEO XLSMART Rajeev Sethi mengatakan, pembentukan XLSMART menjadi langkah penting dalam mewujudkan tujuan menghubungkan setiap orang Indonesia untuk kehidupan yang lebih baik.
“Salah satu yang paling menjadi perhatian kami adalah Sulawesi dan Kalimantan karena posisinya yang strategis sebagai pintu ke wilayah Indonesia Timur dan dekat dengan IKN,” ujar Rajeev dalam kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (29/4/2025).
Mulai hari Senin (28/4/2025), susunan Direksi dan Dewan Komisaris XLSMART baru resmi menjabat serta mencerminkan perpaduan kepemimpinan dari dua organisasi pendahulunya.
Struktur manajemen baru menunjukkan komitmen XLSMART terhadap tata kelola yang seimbang, pengambilan keputusan yang berorientasi pada pelanggan, serta inovasi yang berlandaskan tujuan jangka panjang.
“Komitmen kami dalam mendukung program inklusi akses internet yang merata di Indonesia makin tinggi. Lewat merger ini, kami menyatukan kekuatan dari XL Axiata dan Smartfren agar dapat menjadi pemimpin laju transformasi digital Indonesia,” imbuhnya.
Dia melanjutkan, khusus di wilayah Sulawesi dan Kalimantan, basis pengguna XLSMART makin besar, cakupan infrastruktur makin luas, dan ini memperkuat posisi sebagai operator nomor dua terkuat di kawasan tersebut.
Rajeev menjelaskan bahwa posisi itu didasarkan pada data analisis internal terhadap pola penggunaan layanan digital dan media sosial yang mencerminkan tingginya adopsi layanan data di kedua wilayah tersebut.
Merek-merek Andalan
XLSMART pun akan terus mengoperasikan merek-merek andalan untuk melayani pelanggan mobile seluler dan rumahan (home broadband) melalui XL, AXIS, dan Smartfren maupun pelanggan UMKM dan korporasi melalui XLSMART for Business.
Karena itu, perseroan terus meningkatkan kualitas layanan, memperluas cakupan, dan menghadirkan pengalaman digital yang lebih cerdas dan terintegrasi.
Potensi untuk terus meningkatkan dan memperkuat posisi sebagai strong number 2 di area Sulawesi dan Kalimantan makin terbuka seiring dengan penyelarasan terhadap site dan base transceiver station (BTS) yang masih tumpang tindih antara eks XL Axiata dan Smartfren.
“Itu termasuk juga sinergi layanan XL, Axis, dan Smartfren, serta juga tim penjualan di lapangan untuk mempercepat dan memperluas ketersediaan layanan di masyarkakat,” tutur Rajeev
Dengan keandalan jaringan mobile dan infrastruktur fiber optik yang makin luas, XLSMART juga terus mendorong pertumbuhan layanan fixed mobile convergence (FMC) dan fixed broadband (FBB) untuk memperkuat ekosistem digital yang berkelanjutan dan inklusif di seluruh wilayah Indonesia.
“Jadi, ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar untuk ekosistem digital Indonesia,” lanjut Rajeev Sethi.
Dengan struktur dan identitas baru, XLSMART disebutnya siap memberdayakan masyarakat, pelaku usaha, dan institusi di seluruh Indonesia. Tim kepemimpinan bersemangat untuk menghadirkan masa depan digital yang berani, inklusif, dan berpusat pada manusia. (dmm)