Infodigital.co.id

XLSMART Telah Belanja Modal Rp4,26 Triliun

Teknisi XLSMART tengah merawat BTS. (Dok XLSMART)

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, emiten telekomunikasi digital hasil merger XL Axiata dan Smartfren berkode saham EXCL, telah membelanjakan modalnya (capital expenditure/capex) senilai Rp4,26 triliun pada 2025 hingga 30 September.

Nilai capex XLSMART Rp4,26 triliun pada sembilan bulan 2025 hingga 30 September turun 25% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/YoY) mencapai Rp5,65 triliun.

XLSMART tengah fokus pada integrasi untuk meningkatkan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan. Karena itu, hingga akhir September 2025, pengeluaran capex baru mencapai sekitar Rp4,26 triliun.

“Kuartal III-2025 menandai fase penting bagi XLSMART dalam mewujudkan nilai dari konsolidasi dan integrasi pascamerger,” ujar  Presiden Direktur & CEO XLSMART Rajeev Sethi, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (13/11/2025).

Dampak dari integrasi, pada akhir kuartal III-2025, total jumlah base transceiver station (BTS) XLSMART pun mencapai lebih dari 209 ribu unit, meningkat 27% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan total objek yang diintegrasikan mencapai sekitar 15.000 objek.

Seiring dengan itu, trafik layanan pada periode tersebut juga mampu tumbuhs 53% YoY mencapai 3.903 Petabytes (PB). Ini didapatkan dari jumlah pelanggan yang meningkat 36% YoY menjadi 79,6 juta

Proses integrasi jaringan antara XL Axiata dan Smartfren pun terus dilakukan dan berjalan baik, sehingga melalui jaringan terpadu, kecepatan unduh meningkat, pengelolaan trafik menjadi lebih optimal, dan cakupan layanan semakin luas.

Secara keseluruhan, kecepatan unduh pelanggan XL, AXIS, dan Smartfren pun kini telah naik 71%. Sementara itu, cakupan populasi pengguna Smartfren juga mampu bertumbuh 38% seiring integrasi jaringan dengan XL Axiata.

Dengan integrasi, XLSMART berhasil ekpansi jaringan dengan cepat melalui inisiatif National Roaming dan MOCN, yang membuka keterhubungan dan konektifitas  jaringan legacy XL Axiata dan Smartfren.

Dampaknya, jangkauan jaringan dan layanan XLSMART yang bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat juga menjadi makin luas di seluruh wilayah Tanah Air.

Sebab, terdapat tambahan sekitar 192 kota/area di Indonesia yang bisa diakses pengguna Smartfren dengan mengintegrasikan pengelolaan jaringan Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Pengelolaan jaringan pun makin efisien serta konsolidasi mitra yang mendukung dalam pengelolaan operasional jaringan. Kali ini, XLSMART didukung oleh perusahaan multonasional ZTE dan Huawei. (bdm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan