XLSMART Raih 3 Kategori Penghargaan

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, berhasil meraih 3 kategori penghargaan, yakni inovasi teknologi dan kecerdasan buatan (AI), layanan pelanggan unggulan, hingga komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (environmental, social, and governance/ESG).
Pencapaian tersebut pun sekaligus menjadi tantangan bagi XLSMART untuk terus mempertahankan inovasi, memperkuat daya saing, dan menghadirkan solusi digital yang adaptif terhadap dinamika kebutuhan bisnis di era yang terus berubah.
Direktur & Chief Regulatory Officer XLSMART Merza Fachys menyampaikan, rangkaian penghargaan tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik.
“Dari pengembangan teknologi berbasis AI hingga penerapan prinsip ESG, semua langkah kami bertujuan menghadirkan dampak positif bagi pelanggan dan Masyarakat,” ungkap Merza, dikutip InfoDigital.co.id, Minggu (13/7/2025).
Menurut dia, 3 penghargaan itu bukan sekadar pengakuan, tapi juga dorongan bagi XLSMART untuk terus menjadi yang terdepan dalam mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia.
AWS Generative AI Hackathon
XLSMART meraih penghargaan di ajang AWS Generative AI Hackathon, sebuah kompetisi inovasi teknologi berbasis Amazon Bedrock Platform yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia dan diikuti oleh 23 tim di tingkat regional Asia.
Kompetisi tersebut bertujuan mendorong pemanfaatan kecerdasan buatan generative (Generative AI). XLSMART meraih tiga penghargaan, yaitu Grand Innovation Champion, Enterprise Excellence Award, dan Special Recognition Award.
Keberhasilan XLSMART diraih berkat dua proyek inovatif yang dinilai memiliki dampak besar dan skalabilitas tinggi. Tim Intelligent dengan proyek Intelligent API Routing berhasil menyederhanakan konfigurasi API melalui natural language interface.
CXtraordinary Evening 2025
Pada ajang CXtraordinary Evening 2025 yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing berkolaborasi dengan CARRE CX Expert pada Selasa, di Metail Fountain Garden, Pelataran Senayan, Jakarta, 3 Juni 2025.
XLSMART juga berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yakni kategori System Availability & Reliability dan Digital Care – NON-BFI (non-banking, financial, dan insurance).
Selanjutnya, penghargaan CXtraordinari Tech Award diberikan kepada Director & Chief Information Officer XLSMART Yessie Dianty Yosetya atas kontribusinya dalam memastikan keandalan sistem teknologi informasi perusahaan, khususnya dalam kategori System Availability & Reliability.
Hal tersebut menjadi bentuk apresiasi atas dedikasi dan kepemimpinan Yessie dalam menciptakan sistem digital yang tangguh dan berkelanjutan.
IDX Channel Anugerah ESG 2025
XLSMART juga meraih penghargaan untuk kategori Sektor Infrastruktur Kelistrikan dan Telekomunikasi di ajang IDX Channel Anugerah ESG 2025 yang diselenggarakan oleh IDX CHANNEL di Jakarta, 4 Juli 2025.
Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi perusahaan dan top executive yang berdedikasi dalam implementasi bisnis berkelanjutan di Indonesia. XLSMART berhasil meraih penghargaan melalui program ‘Inisiatif ESG Terpadu Menuju Bisnis Telekomunikasi Berkelanjutan’ yang diterima oleh Head Sustainability XLSMART Ratu Maulia Ommaya.
Penghargaan IDX Channel Anugerah ESG 2025 didasari oleh penilaian komprehensif terhadap empat aspek utama, yaitu lingkungan (environment), sosial (social), tata kelola perusahaan (governance), dan inovasi dalam keuangan berkelanjutan (innovation in sustainable finance). (dmm)