XLSMART Perkuat Layanan di Jatim, Bali, NTB, dan NTT

Jakarta, ID – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, emiten telekomunikasi digital hasil gabungan usaha dari PT XL Axiata Tbk, PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom dengan kode saham EXCL, akan memperkuat layanan di wilayah Jatim, Bali, NTB, dan NTT.
Nantinya, pascaintegrasi jaringan, cakupan layanan XLSMART di Jawa Timur (Jatim), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) akan makin luas dan berkualitas, didukung oleh backbone jaringan mobile dan fiber optik yang terus diperkuat.
Langkah tersebut pun menandai dimulainya babak baru dalam era digital Indonesia oleh XLSMART dan siap mendefinisikan ulang konektivitas, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Nusantara.
Presiden Direktur dan CEO XLSMART Rajeev Sethi menyampaikan hal tersebut dalam kunjungan dan acara yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, baru-baru ini.
“East Region, dengan potensi pasarnya yang besar dan beragam, menjadi fokus penting dalam strategi ekspansi dan transformasi layanan kami,” ujar Rajeev, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (3/5/2025).
Melalui penggabungan dua jalur distribusi XL Axiata dan Smartfren, XLSMART berkomitmen memperluas cakupan jaringan dan distribusi layanan secara signifikan di, tidak hanya di Jatim dan Bali, tetapi juga di wilayah NTB dan NTT.
Langkah tersebut juga akan memperkokoh posisi XLSMART, dengan market share di East Region yang diproyeksikan lebih baik dibandingkan sebelumnya.
XLSMART juga menegaskan komitmen untuk mempertahankan dan mengembangkan tiga merek utamanya, yakni XL, AXIS, dan Smartfren, dan dengan fokus kepada segmen pelanggan berbeda, mulai dari premium, reguler, hingga value seekers.
Dengan strategi segmentasi produk yang relevan dan kompetitif, pelanggan akan dapat menikmati pilihan paket fleksibel, harga terjangkau, kuota besar, akses ke platform digital populer, dan berbagai bonus layanan digital.
FMC dan FBB
Selain itu, XLSMART akan terus fokus untuk mendorong peningkatan bisnis layanan gabungan seluler dan kabel (fixed mobile convergence/FMC) dan kabel (fixed broadband/FBB).
XLSMART juga terus berinvestasi besar dalam perluasan jaringan 4G dan implementasi teknologi jaringan otomatis untuk meningkatkan performa layanan, khususnya di wilayah suburban dan rural, sehingga menjadikan XLSMART sebagai pilihan utama masyarakat.
Selain memperkuat infrastruktur teknis, XLSMART memperluas kehadiran fisik melalui pusat layanan strategis, seperti XL Center, Galeri Smartfren, dan mitra outlet yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.
“Kami juga terus membangun kolaborasi aktif dengan pemerintah daerah, sekolah, pondok pesantren, universitas, dan pelaku UMKM untuk mempercepat transformasi digital di berbagai daerah,” pungkas Rajeev. (dmm)