Infodigital.co.id

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Pelanggan di Tangerang

Pusat Operasi Terpadu Pelanggan XLSMART di Tangerang Selatan. (Dok XLSMART)

Jakarta, ID – Pascamerger, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk mengintegrasikan pusat operasional dan monitoring kualitas layanan terpadu (Customer Experience & Service Operation Center – CE & SOC) di satu lokasi yang sama, yaitu di Gedung XLSMART Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan, Banten.

CE & SOC XLSMART tersebut merupakan penggabungan dua Network Operation Center (NOC) yang sebelumnya dimiliki oleh PT XL Axiata Tbk di XL Axiata Tower, Kuningan, Jakarta, dan PT Smartfren Telecom Tbk di BSD,  Tangerang Selatan

Direktur & Chief Integration Officer XLSMART Sanjay Vaghasia mengatakan, sejak awal merger, prioritas utama XLSMART menjaga stabilitas jaringan, sehingga kenyamanan pelanggan tetap terjaga dan operasional jaringan juga berjalan dengan lancar.

“Adanya pembaruan dan integrasi dua NOC di dua tempat yang berbeda menjadi satu lokasi akan mempermudah XLSMART melakukan monitoring dan memastikan jaringan tetap prima, sehingga para pelanggan tidak merasakan dampak negatif dari proses transisi,” ujar Sanjay, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (27/9/2025)

Pusat operasional dan monitoring kualitas layanan terpadu (CE & SOC)  sudah mulai terintegrasi sejak Juli 2025, menandai tonggak penting dalam fase pascamerger, di mana XLSMART memprioritaskan stabilitas jaringan dan efektiftas serta efisiensi operasional.

Dengan desain yang lebih modern dan terintegrasi, CE & SOC memantau semua layanan, termasuk layanan mobile internet, panggilan suara, SMS, value added service, IoT, corporate services, internet kabel, aplikasi layanan mandiri (myXL, Axisnet, MySF), hingga aplikasi OTT.

Selain itu, CE & SOC memiliki sistem khusus berupa Unified Intelligent Monitoring System untuk mengintegrasikan multi vendors system dan tools untuk memonitor pengalaman pelanggan, dan telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) secara signifikan, termasuk real-time analytic tools untuk memastikan customer experience terbaik.

Unified Intelligent Network System dengan AI digunakan terutama untuk penanganan gangguan dan peningkatan kualitas jaringan secara real-time, dengan fitur-fitur seperti auto demarcation, auto healing, auto rerouting,  dan auto balancing.

Teknologi tersebut memungkinkan penyelesaian masalah jaringan secara otomatis dan lebih cepat, terutama dalam menghadapi insiden skala besar.

82 Juta Pelanggan

Direktur & Chief Technology Officer XLSMART Shurish Subbramaniam menambahkan, dengan jaringan yang semakin luas serta basis pelanggan lebih dari 82 juta tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, diperlukan satu pusat komando untuk melakukan monitoring dan pengelolaan jaringan.

Melalui integrasi di CE & SOC, operasional monitoring menjadi jauh lebih efisien dan mudah dilakukan. Hal ini sangat penting karena kenyamanan pelanggan adalah fokus utama kami.

“Dengan adanya pusat monitoring ini, setiap potensi gangguan jaringan dapat diantisipasi lebih cepat, sehingga pengalaman pelanggan bisa terus dijaga sekaligus ditingkatkan,” ucap Shurish.

Sementara itu, lokasi BSD dipilih sebagai CE & SOC karena dinilai strategis, memiliki infrastruktur setara data center yang krusial untuk kestabilan monitoring, dan akses yang mudah.

Dengan adanya semua fasilitas dan teknologi terbaru ini, XLSMART pun menegaskan kembali komitmennya untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. (bdm)

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan