Infodigital.co.id

Trafik XL Axiata Diprediksi Naik 20% Saat Nataru

Tampak teknisi XL Axiata sedang merawat BTS. (Dok XL Axiata)

Jakarta, IDPT XL Axiata Tbk, operator penyedia layanan telekomunikasi dan digital, memprediksi terjadi peningkatan trafik data/intenet seluler berkisar 10% hingga 20% saat momen Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) dibandingkan rata-rata trafik hari biasa.

Karena itulah, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali  lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intensnya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

Pelanggan akan banyak berkirim konten video/foto, serta akses streaming, baik video, musik, serta gim. Media sosial Instagram, TikTok, Facebook, juga diperkirakan adi sasaran pelanggan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

“Dari berbagai berita di media massa, kami melihat besarnya gairah masyarakat untuk merayakan dan mengisi liburan pergantian tahun nanti,” ujar Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Senin (9/12/2024).

Survei Kementerian Perhubungan menyebutkan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Nataru 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang. Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

“Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2 kali lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” imbuhnya.

Selain lonjakan trafik layanan seluler, kenaikan trafik juga akan terjadi pada layanan internet rumah dan konvergensi, baik XL SATU maupun First Media.

Kenaikan trafik layanan internet berbasis kabel diprediksi terjadi karena banyak masyarakat yang akan mengakses layanan tersebut selama menghabiskan masa liburannya di rumah.

Optimasi Jaringan

Karena itu, XL Axiata antara lain meningkatkan kapasitas dan optimisasi jaringan di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan nontol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Hal ini juga dilakukan di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat.

Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

Sebanyak lebih kurang 127 Mobile BTS (MBTS) pun telah ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.

Secara nasional, XL Axiata sekarang memiliki lebih dari 58,6 juta pelanggan yang diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS yang mayoritas berteknologi 4G.

Perseroan juga punya jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km guna menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. (dmm)

Komentar

Iklan