TikTok Food Fest 2025 Offline Digelar Akhir Pekan Ini
Jakarta, ID – TikTok kembali menghadirkan TikTok Food Fest 2025. Tahun ini, TikTok Food Fest menghadirkan dua pengalaman kuliner yang bisa dinikmati dalam periode berbeda, yakni secara online dan offline. Untuk TikTok Fooed Fest offline digelar akhir pekan ini.
TikTok Food Fest 2025 merupakan kampanye kuliner yang mempertemukan kreator, UMKM, brand lokal, dan komunitas pencinta kuliner untuk merayakan kekayaan cita rasa nusantara serta mendorong pertumbuhan industri makanan Indonesia bersama-sama.
Secara online, mulai 15 September–15 Oktober 2025, pengguna TikTok pun ndapat mengikuti #FoodFestOnTikTok di aplikasi untuk menemukan berbagai konten interaktif, seperti resep, tips memasak, hingga tantangan kuliner.
Selanjutnya, pada Sabtu-Minggu (11–12/10/2025) akhir pekan ini, masyarakat dapat secara offline mengunjungi TikTok Food Fest di Hutan Kota GBK, Jakarta, untuk mencicipi sajian khas nusantara dari 60 tenant kuliner yang berpartisipasi.
Ada momen offline, pengunjung dapat mencoba menu kolaborasi kreator dan UMKM, mengunjungi 20 zona kuliner imersif, serta menikmati pertunjukan musik dari musisi papan atas.
Seluruh rangkaian acara TikTok Food Fest terbuka gratis untuk umum. Selain menjadi bagian dari identitas bangsa, industri kuliner berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.
“Terinspirasi oleh semangat ini, kami menghadirkan TikTok Food Fest untuk mendorong kolaborasi kreatif antar-kreator, pelaku usaha, dan pencinta kuliner,” ujar Client Partnerships Solution Manager TikTok Indonesia Christopher Junaidi, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (9/10/2025).
Dia pun berharap, kegiatan tersebut bisa membawa pengalaman penemuan kuliner dari TikTok ke dunia nyata dan memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan industri kuliner, terutama UMKM di Indonesia.
UMKM Kuliner dan TikTok
Tahun 2024 lalu, sektor makanan dan minuman Indonesia menyumbang 42% terhadap PDB ekonomi kreatif.
Sementara itu, UMKM berkontribusi 61% terhadap PDB nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja, dan lebih separunya bergerak di bisnis kuliner.
Besarnya peranan kuliner terhadap masyarakat juga terlihat di TikTok. Setiap hari, komunitas pencinta kuliner memanfaatkan ekosistem kreatif terpadu TikTok untuk berbagi resep, ulasan, hingga produk makanan kepada komunitas TikTok di Indonesia.
Keterlibatan aktif dari komunitas TikTok menjadikan kuliner salah satu kategori terpopuler di Indonesia, terlihat dari tagar kuliner terpopuler seperti #Kuliner, #JajananTikTok, dan #KulinerIndonesia yang telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unggahan dalam setahun terakhir.
Lebih lanjut, ekosistem kreatif TikTok yang didukung solusi iklan terpadu juga memungkinkan pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk memperkenalkan produk serta menjangkau audiens di TikTok.
Hal tersebut menunjukkan bagaimana konten kuliner di TikTok dapat membuka peluang nyata bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk melalui gelaran TikTok Food Fest 2025. (dmm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now



