THR Grab Tak Diberikan ke Semua Mitra Driver

Daftar isi:
Jakarta, ID – Grab Indonesia memastikan bahwa rencana pembayaran tunjangan/bonus hari raya (T/BHR) hanya akan diberikan kepada para mitra pengemudi (driver) yang aktif dan tidak diberikan kepada semuanya.
Grab mengaku tidak akan mampu memenuhinya jika THR harus diberikan kepada semua mitra pengemudi terdaftar. Namun, Grab akan berusaha untuk menjalankan kebijakan sesuai kemampuan finansial.
“Saat ini, Grab masih dalam tahap finalisasi perhitungan BHR dengan mengacu pada rata-rata pendapatan bersih bulanan selama 12 bulan terakhir bagi mitra aktif dan berkinerja baik,” ucap Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (13/3/2025).
Dia menjelaskan, BHR merupakan bentuk apresiasi tambahan dari Grab kepada para mitra pengemudi yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa. Hal tersebut selaras dengan arahan Presiden Prabowo Subianto.
“Berbeda dengan THR untuk pekerja formal, BHR untuk mitra pengemudi ini bukan kebijakan tahunan, melainkan langkah ekstra dari Grab untuk mendukung mitra pengemudi di momen spesial Hari Idulfitri 1446 Hijriah,”imbuhnya.
BHR yang berupa bonus kinerja khusus merupakan bentuk dukungan tambahan yang pada dasarnya tidak termasuk dalam manfaat rutin yang diterima oleh pekerja sektor ekonomi informal, seperti mitra Pengemudi platform digital (gig worker).
“Grab menyiapkan program bonus ini sebagai bentuk dukungan terbaik yang bisa diberikan saat ini sesuai dengan kemampuan finansial perusahaan,” katanya.
Karena itu, Grab akan menerapkan prinsip keadilan dan berbasis kinerja dalam menentukan mitra yang berhak mendapatkan BHR, sehingga setiap mitra aktif mendapatkan apresiasi yang sesuai dengan pencapaiannya.
“Sesuai dengan arahan Presiden, penting untuk dipahami bahwa dalam penerapan kebijakan itu terdapat kriteria yang harus dipenuhi yaitu mitra yang aktif dan berkinerja baik, bukan diberikan kepada seluruh mitra tanpa pengecualian,” kata Tirza.
Kriteria Driver Grab Terima THR
Sementara itu, mitra driver yang memenuhi syarat adalah mereka yang aktif dan berkinerja baik, dengan kriteria utama sebagai berikut.
1. Mitra Aktif
Mitra driver Grab bukan hanya terdaftar, tetapi juga secara aktif menerima dan menyelesaikan order dalam periode tertentu.
2. Tingkat Penyelesaian Order
Mitra driver Grab harus memiliki tingkat pemenuhan order yang konsisten.
3. Kepatuhan terhadap Aturan Grab
Mitra driver Grab tidak memiliki pelanggaran serius terhadap kebijakan platform, seperti fraud atau pelanggaran kode etik.
4. Rating dan Umpan-Balik Pelanggan
Mitra driver Grab yang memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang baik dan menjaga kualitas layanan.
Dengan mempertimbangkan semua kriteria tersebut, Grab memastikan bahwa bonus kinerja yang diberikan akan dapat tepat sasaran dan mendukung mitra pengemudi yang telah berkontribusi secara aktif dalam ekosistem Grab. (bdm)