Infodigital.co.id

Telkomsel Targetkan Cetak 1.000 Talenta Digital

Telkomsel luncurkan IndonesiaNEXT ke-9. (Foto: Dok Telkomsel)

Jakarta, ID Telkomsel menghadirkan program corporate social responsibility (CSR) unggulan IndonesiaNEXT ke-9 yang bertema #UpskillToInnovate. Kegiatan ini manargetkan untuk mencetak 1.000 talenta digital.

Selaras dengan implementasi prinsip environmental, social, and governance (ESG), melalui program tersebut, Telkomsel fokus memberdayakan generasi muda Indonesia melalui keterampilan digital terkini, seperti teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

IndonesiaNEXT berupaya menjawab tantangan pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk ketimpangan akses, kesenjangan kualitas, dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, sebagaimana dinyatakan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, IndonesiaNEXT menjadi salah satu wujud penerapan prinsip ESG oleh perusahaan. Telkomsel pun berkomitmen memperluas akses generasi muda ke keterampilan digital yang relevan.

“Kami ingin menginspirasi mereka untuk menjadi inovator yang menciptakan perubahan positif bagi bangsa,” ujar Saki, dikutip InfoDigital.co.id, Jumat (6/12/2024).

Pendaftaran IndonesiaNEXT ke-9 dibuka hingga 10 Maret 2025 untuk mahasiswa aktif dari semua jurusan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman resmi indonesianext.co.id.

IndonesiaNEXT Goes to Campus juga akan menghadirkan National Lecture dan Screening Test di Universitas Indonesia (5 Desember 2024), Universitas Airlangga (13 Februari 2025), Universitas Gadjah Mada (18 Februari 2025), dan Telkom University (20 Februari 2025).

Hal Baru dan Target

Sementara itu, hal baru yang ada pada IndonesiaNEXT ke-9, yakni memperkenalkan krikulum Generative AI bagi peserta dengan wawasan terkait tren teknologi terbaru.

Kemudian, pelatihan juga menerbitkan sertifikasi berbasis kebutuhan terkini industri digital. Kolaborasi global pun dilakukan dengan  melibatkan inkubator universitas dan organisasi internasional.

Kerangka pemetaan talenta juga dilakukan dengan memantau perkembangan peserta secara sistematis.

Selanjutnya, program IndonesiaNEXT ke-9 terdiri atas  lima tahapan utama:

1. National Webinar & Placement Test, yakni pelatihan digital bagi 1.000 peserta terpilih.

2. Tech-Based Certification, pemberian sertifikasi untuk 300 peserta terbaik.

3. deation Bootcamp, yakni pengembangan keterampilan berbasis peran digital (Hustler, Hipster, Hacker).

4. Digitalent Academy, pengasahan advanced skillset sesuai peran digital bagi 24 peserta terbaik.

5. Awarding, yakni penghargaan bagi tim dan individu terbaik di masing-masing kategori.

Sejak 2016, IndonesiaNEXT telah diikuti oleh lebih dari 86.000 talenta dari 38 provinsi dan telah menghasilkan lebih dari 6.800 sertifikasi keterampilan digital.

Program tersebut merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel bersama program dan inisiatif lain, yaitu NextDev, Telkomsel Ventures, dan INDICO, dalam secara strategis mendukung pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Telkomsel percaya bahwa talenta digital adalah kunci transformasi serta keberlanjutan ekosistem dan ekonomi digital Indonesia,” pungkas Saki. (bdm)

Komentar

Iklan