Infodigital.co.id

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Inovasi Asia

Pencapaian Telkomsel di Asian Technology Excellence Awards 2025. (Dok Telkomsel)

Jakarta, ID – Telkomsel kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin inovasi digital di kawasan Asia. Hal ini dibuktikan dengan   raihan 2 Asian Technology Excellence Awards 2025 kawasan Asia-Pasifik.

Tahun ini, melalui gelaran Indonesia Technology Excellence Award yang berlangsung di Jakarta pada 9 Oktober 2025, Telkomsel dinobatkan sebagai pemenang atas dua kategori strategis di industri telekomunikasi.

Pertama, Automation – Telecommunication: 1-Click! Making Procurement Faster, Smarter, and Simpler at Telkomsel. Kedua, AI – Telecommunication: Ted – Telkomsel Enterprise Digital Account Manager

Penghargaan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Asian Technology Excellence Awards yang diselenggarakan oleh Asian Business Review, melibatkan nominasi dari lebih dari 50 negara di kawasan Asia-Pasifik.

Setelah melalui proses evaluasi ketat dengan standar penjurian tinggi, dua inovasi Telkomsel berhasil menghadirkan terobosan teknologi yang orisinal dan relevan, terbukti memberikan hasil nyata dan terukur, serta adaptif dan siap untuk berkembang lebih jauh.

“Pengukuhan ini mencerminkan semangat Telkomsel untuk terus menghadirkan layanan beyond connectivity dengan solusi digital yang inovatif dan berdaya guna,” ujar VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Abdullah Fahmi, dikutip InfoDigitall.co.id, Senin (20/10/2025).

Melalui 1-Click!, Telkomsel berhasil mentransformasi proses pengadaan menjadi lebih cepat dan efisien. Sementara itu, Ted menjadi bukti pemanfaatan teknologi AI untuk menciptakan pengalaman B2B yang lebih cerdas dan interaktif.

“Kami berharap inovasi ini bisa semakin memperkuat ekosistem digital Indonesia sekaligus menginspirasi kemajuan yang berarti, baik di tingkat nasional maupun regional,” imbuhnya.

Telkomsel diakui telah berhasil melakukan inovasi mulai dari proses pengadaan terintegrasi berbasis automation hingga pemanfaatan Generative AI untuk interaksi B2B yang lebih cerdas.

1. 1-Click! Procurement Intelligent Process Orchestration

Platform 1-Click! Procurement Intelligent Process Orchestration mengintegrasikan automation, AI, dan iBPM untuk menyederhanakan proses pengadaan end-to-end melalui satu portal terpadu, sehingga memungkinkan efisiensi biaya dan meningkatkan produktivitas.

Dengan lebih dari 75.000 transaksi per tahun, 1-Click! telah menghemat 15,4 FTE (setara Rp8,2 miliar per tahun), serta mencatat tambahan penghematan Rp28 miliar melalui AI-powered cost estimation, dan memangkas waktu siklus pengadaan hingga 25%.

2. Ted – Telkomsel Enterprise Digital Account Manager

Sebagai salah satu solusi Generative AI pertama di Indonesia untuk segmen B2B, Ted menghadirkan pengalaman interaktif berbasis metahuman dan chatbot yang dalam satu tahun terakhir terbukti mampu menangani 13.000 pertanyaan pengguna di website serta 22.000 percakapan di event offline.

Ted berhasil meningkatkan produktivitas tim dan menciptakan pengalaman bisnis yang lebih engaging melalui insight dan data yang tajam, sehingga mampu mendeteksi potensi bisnis dengan cepat dan meningkatkan konversi marketing lead.

Sementara itu, Asian Technology Excellence Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang digelar oleh Asian Business Review untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang berada di garis depan inovasi teknologi di Asia.

Dengan cakupan nominasi lintas negara dan kategori teknologi yang luas, penghargaan tersebut menjadi tolok ukur prestasi digital yang mendorong transformasi industri di kawasan. (dmm)

 

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar

Iklan