Telkomsel Prediksi Trafik Lebaran Naik 16%

Jakarta, ID – Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, memprediksi trafik data di jaringannya saat Ramadan dan Lebaran/Idulfitri (Rafi) 2025 naik hingga 16% dibanding momen RAFI sebelumnya, yakni 69.14 petabyte.
Uji jaringan (drive test) jaringan dengan total jarak 17.537 km juga telah dilakukan Telkomsel di berbagai jalur utama dan lokasi strategis untuk memastikan pengalaman digital pelanggan tetap optimal.
Menyambut Rafi 2025, Telkomsel kembali memperkuat perannya sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan pilihan masyarakat Indonesia dengan tema ‘Jadikan Ramadan Terbaikmu’.
VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, melalui komitmen Telkomsel Siaga Rafi 2025, Telkomsel ingin memastikan setiap pelanggan menikmati momen Ramadan dan Idulfitri penuh kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan.
“Ini adalah wujud komitmen kami untuk selalu hadir menyambungkan semangat di setiap langkah dan momen penting bagi masyarakat Indonesia,” ujar Saki di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Senin (3/3/2025).
Pada momen kali ini, Telkomsel telah siap melayani pelanggan dengan jaringan 4G/LTE terluasnya lebih dari 232 ribu BTS 4G/LTE yang mencakup hingga 97% wilayah populasi Indonesia.
Telkomsel juga telah memetakan 476 titik keramaian di seluruh Indonesia menggunakan pendekatan AI, khususnya untuk menganalisis kebutuhan jaringan secara akurat dan mengantisipasi setiap kemungkinan gangguan secara cepat dan proaktif.
Selain itu, Telkomsel terus memperluas cakupan jaringan 5G secara masif dengan menambah lebih dari 700 titik 5G baru di Jakarta dan sekitarnya.
Karena itu, pada momen Rafi 2025 ini, Telkomsel mengoperasikan lebih dari 2.100 BTS 5G yang tersebar di lebih dari 56 kota/kabupaten, termasuk kawasan industri, perumahan, bandara internasional, pelabuhan, rumah sakit, destinasi wisata prioritas, sampai wilayah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
“Dengan perluasan cakupan 5G secara bertahap, terarah, dan terukur, serta pendekatan berbasis teknologi AI, kami berharap pengalaman pelanggan di titik-titik keramaian jadi semakin optimal,” imbuh VP Global Network Operations Telkomsel Juanita Erawati.
Layanan dan Solusi Digital
Telkomsel pun menghadirkan berbagai produk dan solusi digital yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama momen Rafi 2025.
Persroan menyiapkan mulai dari paket data dengan kuota besar, layanan hiburan digital, hingga berbagai solusi yang mempermudah aktivitas pelanggan.
Beragam promo juga dihadirkan, memberikan nilai tambah yang dapat dinikmati pelanggan di aplikasi MyTelkomsel maupun mitra resmi Telkomsel.
Di samping itu, Posko Siaga RAFI tersebar di seluruh Indonesia untuk mendukung pelayanan pelanggan secara langsung, menyediakan hiburan interaktif, dan menghadirkan pengalaman digital istimewa. (bdm)