Telkomsel dan OpenAI Kembangkan AI Lanjutan
Jakarta, ID – Telkomsel, perusahaan telekomunikasi digital anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan OpenAI, berkolaborasi strategis untuk pengembangan dan memperkuat kapabilitas AI lanjutan.
OpenAI merupakan pengembang teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) utama global yang digawangi oleh Sam Altman asal Amerika Serikat dengan solusi andalannya ChatGPT.
Telkomsel dan OpenAI pun telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) di sela gelaran Solution Day 2025 di Jakarta, Kamis (21/8/2025).
Sebagai bagian dari MoU, Telkomsel akan mengeksplorasi penerapan solusi lintas industri yang berdampak nyata, mulai dari optimalisasi layanan pelanggan hingga inovasi berbasis data, dengan dukungan teknologi OpenAI.
Selain itu, Telkomsel berencana menghadirkan ChatGPT Enterprise bagi karyawan untuk meningkatkan literasi dan produktivitas AI.
Kolaborasi itu juga bertujuan memperluas akses teknologi AI bagi jutaan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jaringan Telkomsel yang menjangkau hingga ke pelosok.
“Melalui Solution Day 2025, kami menunjukkan bagaimana inovasi digital dapat menghadirkan nilai tambah signifikan bagi berbagai sektor industri,” ujar Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam, dikutip InfoDigital.co.id.
Sebagai mitra terpercaya transformasi digital Indonesia, Telkomsel disebutnya percaya pertumbuhan berkelanjutan dapat tercapai melalui kolaborasi terbuka, inovasi relevan, dan pemanfaatan teknologi secara tepat.
“Bersama para mitra strategis, kami berkomitmen terus menghadirkan solusi yang membantu pelanggan bisnis menjadi lebih tangguh, berdaya, dan berdampak,” imbuhnya.
Sementara itu, gelaran Solution Day 2025, sebuah platform kolaboratif tahunan, mempertemukan lebih dari 800 pemimpin negeri, pengambil keputusan bisnis, dan inovator teknologi dari lebih dari 200 perusahaan terkemuka.
Mengusung tema ‘Staying Resilient, Creating Impact’, Solution Day 2025 menjadi wujud nyata semangat #PastiAdaSolusi Jadi Lebih Berdampak, yang mendorong adopsi teknologi digital sebagai kunci ketahanan dan pertumbuhan bisnis lintas sektor.
Acara tersebut menghadirkan beragam agenda, mulai dari sesi diskusi strategis, showcase teknologi dengan lebih dari 30 solusi digital berbasis AI, 5G, dan data intelligence.
4 Solusi Baru Telkomsel
Pada kesempatan tersebut, sebagai bagian dari komitmen Telkomsel Enterprise untuk terus memperkuat portofolio solusi B2B, Telkomsel pun meluncurkan empat solusi digital terbaru.
1. Telkomsel QRIS Soundbox
Telkomsel QRIS Soundbox adalah solusi pembayaran dengan konfirmasi suara real-time, konektivitas stabil Telkomsel, dan QR dinamis untuk adopsi luas serta masa depan pembayaran digital Indonesia.
2. SiteSense
SiteSense menjadi platform location intelligence berbasis data besar mobilitas dan demografi Telkomsel yang didukung analitik spasial terdepan.
Solusi tersebut memungkinkan evaluasi lokasi bisnis secara real-time untuk mendukung studi kelayakan, ekspansi distribusi, hingga pengembangan properti.
3. Telkomsel LinkCar
Telkomsel LinkCar merupakan platform real-time untuk kendaraan berbasis jaringan Telkomsel, memungkinkan pemantauan, pelacakan, efisiensi operasional, hingga akses hiburan demi mendukung ekosistem kendaraan yang lebih terintegrasi dan cerdas.
4. Savia
Terakhir, Savia adalah solusi percakapan cerdas dari Telkomsel yang membantu bisnis menjangkau pelanggan secara aman dan efisien, dengan kemampuan skalabilitas tinggi untuk menangani interaksi pelanggan dalam volume besar. (bdm)
Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya
Join now