Telkomsel dan Indekstat Hadirkan Solusi Telesurvei
Jakarta, ID – Telkomsel, melalui platform survei digitalnya tSurvey.id, menjalin kerja sama strategis dengan PT Indekstat Konsultan Indonesia, untuk memperluas layanan Telesurvei di Indonesia.
Sinergi tersebut memungkinkan tSurvey.id dan Indekstat untuk menghubungi responden secara langsung melalui panggilan telepon, menyederhanakan proses pengumpulan data, dan mengurangi biaya operasional dibandingkan survei lapangan konvensional.
Telesurvei menggabungkan kekuatan teknologi telekomunikasi Telkomsel dengan keahlian analitis Indekstat untuk mendorong pengambilan keputusan berbasis data yang lebih efisien dan akurat di berbagai sektor, seperti bisnis, politik, dan kebijakan publik.
Vice President Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel Alfian Manullang mengatakan, kemitraan strategis dengan Indekstat memungkinkan Telkomsel menghadirkan pemanfaatan teknologi terdepan tSurvey untuk pengumpulan data survei.
“Kolaborasi ini dirancang untuk mendukung bisnis dan sektor publik dalam memperoleh wawasan terkini dari masyarakat,” ujar Alfian, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (3/12/2024).
Melalui Telesurvei, lanjut dia, Telkomsel berkomitmen menyediakan data yang makin akurat guna membantu para pengambil keputusan di sektor bisnis maupun publik dalam membuat keputusan lebih tepat dan responsif.
Sementara itu, layanan Telesurvei meliputi pengumpulan insight konsumen untuk pengembangan produk, analisis preferensi pemilih yang dapat digunakan untuk kegiatan politik, serta memberikan data mengenai opini publik sebagai dasar pembuatan kebijakan pemerintah.
Solusi tersebut menggunakan metodologi systematic random sampling yang menghasilkan data yang representatif dengan akurasi yang tinggi.
Efektivitas Survei
Head of Field Data Management Indekstat Titis Pratiknyo menambahkan, melalui kerja sama dengan Telkomsel, pihaknya membuka peluang besar untuk meningkatkan skala dan efektivitas survei melalui teknologi terdepan.
“Integrasi solusi dari Telesurvei dapat membantu klien memahami pasar atau konstituen dengan lebih baik, lebih cepat, serta membuka peluang baru dalam analitik data guna mendukung keputusan yang lebih tepat dan berdampak,” ucap Titis.
Sementara itu, kolaborasi strategis tersebut pun diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan responsivitas organisasi berbasis data bagi beragam industri.
Dengan akses ke data yang lebih luas dan akurat, perusahaan dan institusi publik diharapkan dapat merespons dengan lebih efektif kepada kebutuhan dan tantangan yang mereka hadapi. (bdm)