Jakarta, ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan layanan Hosted Private Branch Exchange (PBX) untuk bisnis (enterprise). Layanan sistem komunikasi berbasis cloud ini layaknya PBX tradisional, namun tanpa memerlukan perangkat fisik.
Berbeda dengan PBX tradisional, Hosted PBX tidak memerlukan perangkat fisik dari sisi pelanggan. Semua infrastruktur dioperasikan Telkom, sehingga perusahaan pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengadaan dan perawatan perangkat.
EGM Digital Connectivity Service Telkom Teuku Muda Nanta mengatakan, keamanan dan reliabilitas juga telah menjadi prioritas Telkom. Perangkat Hosted PBX pun telah dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewall dan skema backup yang andal.
“Hingga saat ini, Hosted PBX telah membantu banyak perusahaan mengatasi tantangan biaya dan operasional,” ujar Teuku Muda, dalam pernyataannya di Jakarta, dikutip InfoDigital.co.id, Rabu (2/10/2024).
Menariknya, Hosted PBX menawarkan banyak fitur unggulan, termasuk kemampuan untuk menerima dan melakukan panggilan keluar, serta fitur-fitur khusus.
Beberapa di antaranya, saluran telepon analog multiline untuk satu gedung, atau bahkan anta gedung, panggilan dengan nada dering berbeda, dan fitur pemblokiran nomor tertentu.
Keunggulan Lainnya
Pelanggan pun akan dapat menikmati fitur untuk saling terhubung antarnomor telepon dalam satu grup, yang masih juga dilengkapi dengan slot number gratis.
Keunggulan lainnya, Hosted PBX turut menawarkan efisiensi biaya yang cocok untuk para pelanggan medium dan enterprise, termasuk apartemen, rumah sakit, hotel, dan perusahaan dengan jumlah pegawai yang cukup banyak.
Saat ini, wilayah jangkauan layanan Hosted PBX telah tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Telkom pun mengundang masyarakat untuk berlangganan Hosted PBX bagi calon pelanggan yang ingin meningkatkan efisiensi dan kemudahan komunikasi bisnis. (dmm)