Infodigital.co.id

Telkom Ajak Masyarakat Ikut Kompetisi Lingkungan

Gedung Telkom PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, emiten berkode saham TLKM di Bursa Efek Indonesia, melalui ASTINet, menyediakan layanan internet dedicated tercepat yang dirancang untuk segmen middle hingga high-end market di Indonesia. (TLT)

Jakarta, IDPT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, perusahaan digital telekomunikasi terbesar di Indonesia, mengajak masyarakat untuk ikut kompeisi pelestarian lingkungan di tengah isu krisis yang meningkat.

Komitmen tersebut diimplementasikan melalui program Bumi Berseru Fest yang merupakan wadah kolaborasi inisiatif Telkom untuk organisasi dan penggiat lingkungan.

Masyarakat diajak menciptakan gerakan inovasi dan kreativitas demi keberlangsungan lingkungan berkelanjutan. Kompetisi Bumi Berseru Fest terbuka untuk masyarakat pada 14 Oktober hingga 15 November 2024.

SGM Social Responsibility Telkom Hery Susanto menyampaikan, selaras komitmen dalam penerapan prinsip ESG guna menjaga kelestarian alam, Telkom mengajak masyarakat Indonesia terlibat dalam Bumi Berseru Fest.

“Harapannya, gerakan ini dapat menjadi wadah kolaborasi untuk berkreasi dan berinovasi demi masa depan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Hery, dikutip InfoDigital.co.id, Sabtu (26/10/2024).

Menurut dia, Bumi Berseru Fest selaras dengan komitmen Telkom dalam pencapaian Sustainable Development Goals tahun 2030, khususnya pada SDG 8, 11, 12, 13, 14, 15 di pilar pembangunan ekonomi dan lingkungan.

3 Kategori Kompetisi

Sementara itu, program kompetisi Bumi Berseru Fest terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu Panggilan Aksi untuk Bumi, Alam dalam Lensa, dan Inovasi Eco Produk.

1. Panggilan Aksi untuk Bumi adalah kompetisi proposal program atau kegiatan lingkungan yang bisa diikuti oleh organisasi maupun komunitas penggiat lingkungan (mapala, sispala, komunitas, dan lainnya).

Kompetisi ini terbagi ke dalam tiga subkategori, yaitu Pelestarian Ekosistem Darat dan Laut, Reforestasi dan Rehabilitasi Lingkungan, dan Konservasi untuk Keanekaragaman Hayati.

Setelah melalui beberapa proses seleksi, nantinya, pemenang terpilih akan mendapatkan bantuan pendanaan program mulai dari Rp 10.000.000  hingga Rp 25.000.000.

2. Kategori Alam dalam Lensa. Kategori ini merupakan kompetisi fotografi pada platform media sosial Instagram sebagai bentuk kampanye peduli lingkungan.

Setiap satu unggahan foto yang diikutsertakan sama dengan menyumbangkan satu bibit pohon untuk reforestasi hutan Indonesia.

Alam dalam Lensa, terbagi ke dalam dua subkategori, yaitu Pesona Kharismatik Biodiversitas Indonesia dan Selaraskan Alam, Hidup dalam Keseimbangan.

Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak masyarakat bagikan keindahan alam Indonesia beserta interaksi manusia dengan alam. Pemenang terpilih akan mendapatkan apresiasi Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

3. Kategori Inovasi Eco Produk, yaitu kompetisi inovasi dan kreasi produk lokal yang menerapkan prinsip ramah lingkungan dan keberlanjutan. Melalui kompetisi ini, Telkom mengajak masyarakat dan pelaku usaha lokal untuk menciptakan inovasi produk yang ramah lingkungan.

Kompetisi terbagi dalam tiga subkategori, yaitu Produk Daur Ulang dan Pemanfaatan Kembali, Bahan Ramah Lingkungan, serta Produk Sirkular Ekonomi. Pemenang akan mendapatkan apresiasi Rp 7.500.000 hingga Rp 20.000.000. (bdm)

 

Komentar

Iklan