Infodigital.co.id

SafeSearch dan Family Link Google Lindungi Keluarga di Ruang Digital

Ilustrasi anak akses internet dan platfomr media. (Energise Web)

Jakarta, ID – Google mempunyai fitur SafeSearch dan Family Link untuk melindungi anak dan keluarga dari ‘paparan negatif’ internet dan berinternet sehat. Keduanya pun ‘diperkenalkan kembali’ dalam acara bertajuk #KeluargaCerdasBerinternet.

Ya, Google baru saja memperingati Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni 2025. Google pun bersama dengan pakar dan pendidik mengadakan acara bertajuk #KeluargaCerdasBerinternet.

Melalui pengenalan kembali SafeSearch dan Family Link, Google ingin membantu keluarga di Indonesia menetapkan batasan dan menggunakan teknologi dengan cara yang sesuai kebutuhan keluarga masing-masing ketika aktif di ruang digital atau mengakses internet.

Apalagi, anak-anak generasi masa kini tumbuh besar dengan teknologi. Melatih keluarga untuk menjadi lebih peka terhadap informasi yang disebarkan atau dapatkan, pun menjadi sangatlah penting.

“Hal tersebut penting untuk membantu memaksimalkan yang terbaik dari teknologi bagi anak-anak dan keluarga, sekaligus meminimalisasi risiko negatifnya,” ungkap Google Indonesia, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (3/7/2025).

Di Google, setiap upaya yang didedikasikan untuk anak-anak dibangun di atas tiga pilar utama, yakni melindungi dari risiko dunia maya, menghormati privasi, serta memberdayakan anak-anak dan keluarga untuk masa depan.

Saat ini, sebagian besar anak, terutama yang berusia 13 tahun, pernah menggunakan Google untuk mendapatkan informasi dan pendidikan, ada kalanya mereka bertemu dengan konten yang tidak baik.

1. SafeSearch

Sementara itu, setelan dan fitur SafeSearch di Google Search dirancang untuk secara otomatis memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran untuk langsung menghindari konten yang eksplisit.

Bahkan, untuk memberikan perlindungan lebih jauh dari paparan gambar vulgar di Google Search secara tidak sengaja, kami juga meluncurkan setelan blur SafeSearch.

Setelan secara bawaan akan memfilter konten yang tidak pantas, vulgar, dan dewasa, terutama untuk pengguna di bawah 18 tahun yang login ke Akun Google.

Tetapi, Google juga menyadari bahwa SafeSearch bukanlah alat yang sempurna, sehingga, pengguna mungkin saja masih menemukan hasil penelusuran vulgar.

“Jika demikian, Anda dapat melaporkannya. Laporan dan masukan Anda dapat membantu kami menyempurnakan SafeSearch agar lebih baik bagi semua orang,” ungkap Google.

2. Family Link

Seperti diketahui, misi Google adalah mengorganisir informasi dunia agar dapat diakses dan bermanfaat bagi semua. Karena itu juga secara bersamaan, Google berupaya melindungi setiap penggunanya.

“Namun, kami sungguh memahami bahwa kebiasaan digital setiap keluarga sangatlah personal. Maka dari itu, kami terus mengembangkan fitur-fitur khusus, seperti Family Link,” imbuh Google Indonesia.

Family Link dirancang untuk membantu orang tua menciptakan kebiasaan digital yang sehat sekaligus menghormati pilihan anggota keluarganya dengan teknologi.

Melalui Family Link, orang tua pun dapat menetapkan batas-batas yang sesuai kebutuhan keluarga, yakni:

– Mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian

– Memuaskan rasa ingin tahu anak dengan beragam aplikasi yang direkomendasikan para guru

– Mengunci perangkat anak Anda dari jarak jauh

– Melihat aktivitas mereka

– Melihat lokasi keberadaan mereka.

– Mengelola akun dan aplikasi yang mereka gunakan.

Komunikasi Penting  

Saskhya Aulia Prima, psikolog anak dan pendiri klinik @tigagenerasi menyampaikan, di era digital yang serba cepat ini, peran orang tua bukan sekedar mengawasi, melainkan juga mendampingi dan membimbing.

“Fitur seperti SafeSearch dan Family Link adalah langkah awal yang baik. Namun, komunikasi terbuka tentang etika digital dan konsekuensi online tetap menjadi kunci utama,” tutur Saskhya.

Menurut dia, anak-anak yang diajak berdiskusi akan lebih cerdas, cermat, dan lebih bijak dalam mengambil keputusan saat di dunia maya daripada hanya dilarang dan dibatasi. (bdm)

Komentar

Iklan