Infodigital.co.id

Qiscus Optimalkan Layanan Saat Ramadan

Ilustrasi layanan pelanggan Qiscus saat Ramadan. (Dok Qiscus)

Jakarta, ID Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform omnichannel customer engagement berbasis artificial intelligence (AI) untuk bisnis, menghadirkan solusi yang mampu mengoptimalkan pengalaman pelanggan selama Ramadan mendatang.

Hal itu akan dilakukan menjadi tanggapan Qiscus seiring dengan tren meningkatnya ekspektasi pelanggan terhadap interaksi yang cepat dan personal.

Apalagi, bisnis makin menyadari bahwa layanan pelanggan bukan sekadar pelengkap, tetapi juga faktor kunci dalam menopang pertumbuhan dan diferensiasi bisnis.

“Ramadan bukan sekadar peak season bagi bisnis, tetapi juga momen krusial untuk membangun loyalitas pelanggan,” ujar CPMO & Co-founder Qiscus Evan Purnama, menanggapi peran AI dalam layanan pelanggan mumpuni, dikutip InfoDigital.co.id, Kamis (27/2/2025).

Dalam tren lonjakan interaksi, lanjut dia, pelanggan menginginkan pelayanan yang lebih cepat, responsif, dan tetap personal. Karena itulah, pihaknya mengoptimalkan AI Agent dari Qiscus.

Perusahaan juga bukan berperan untuk menggantikan agen manusia, tetapi untuk memperkuat mereka serta memastikan setiap interaksi tetap bernilai dan meaningful.

Studi Ramadan

Menurut studi Ramadan terbaru yang dilakukan oleh Meta, sebanyak 94% pelanggan merasa lebih terhubung dengan bisnis atau brand melalui pesan instan (instant messaging).

Studi tersebut juga menyoroti bahwa kata kunci utama selama Ramadan tahun 2025 ini adalah positive, encouraging, dan people-first.

Layanan pelanggan pun harus mencerminkan tiga aspek, yakni memberikan pengalaman yang positif, mendorong interaksi yang lebih baik, dan tetap menghadirkan human touch meskipun menggunakan bantuan AI.

Selain itu, studi mengungkap bahwa platform Meta, yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp, masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, menemukan konten serta hiburan, hingga berbelanja selama Ramadan.

Mitra Meta

Sebagai partner resmi Meta Platform Inc, Qiscus pun memiliki solusi berbasis AI yang mampu mengantisipasi tren tersebut, yaitu melalui Qiscus AI.

Dengan AI Agent yang dikembangkan, bisnis akan dapat memastikan respons lebih cepat, interaksi lebih intuitif, serta bantuan yang lebih akurat, tanpa menghilangkan nilai personalisasi atau persona brand.

Teknologi itu memungkinkan otomatisasi pada pertanyaan berulang, deteksi emosi pelanggan untuk respons yang lebih empatik, serta asistensi bagi agen manusia agar dapat menemukan jawaban yang lebih cepat dan sesuai dengan identitas brand. (bdm)

Komentar

Iklan