Ponsel OPPO Raja Baru di Asia Tenggara
Jakarta, ID – OPPO, vendor dan merek smartphone asal China, menjadi raja baru pasar ponsel di lima negara kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam dengan pangsa pasar (market share) 21% pada kuartal III-2024.
Jika dilihat masing-masing negara, merek OPPO menempati peringkat terjual paling banyak di negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Sedangkan di Vietnam dan Filipina menempari terlaris kedua.
Menurut lambaga riset Canalys, dari total penjualan 25 juta unit di lima negara tersebut, ponsel OPPO terjual 5,1 juta unit dengan market share 21% dibandingkan kuartal III-2023 terjual 4 juta (18%).
“OPPO memimpin pasar smartphone di Asia Tenggara karena terutama didorong oleh inovasi dan penjualan model pemula (entry-level) yang diubah namanya, yakni A3x dan A3,” ungkap Analis di Canalys Sheng Win Chow, dikutip InfoDigital.co.id, Selasa (19/11/2024).
OPPO menggusur dominasi Samsung yang menjual 4,1 juta unit ponsel dengan market share 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu masih terjual 4,2 juta (19).
Selanjutnya, pada peringkat ketiga, ponsel merek TRANSSION (Infinix, TECNO, dan Itel) terjual 4 juta unit (16%) dari periode sama tahun lalu terjual 2,8 juta (13%).
Merek TRANSSION mampu mengalahkan merek Xiaomi ke posisi keempat dengan penjualan 3,9 juta unit (15%) dari periode sama tahun sebelumnya 32, juta (15%).
Pertumbuhan penjualan Xiaomi yang kuat dari model dengan harga bersaing seperti Redmi 14C dan A3. Melengkapi lima besar, merek Vivo mengirimkan 2,6 juta unit, merebut 10% pangsa pasar.
Sementara itu, ponsel merek lainnya terjual 5,3 juta unit (21%) pada kuartal III-2024 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya masih 4,9 juta unit atau dengan pangsa pasar 23%.