Jakarta, ID – Sebanyak 77% perempuan dari konsumen kecantikan di Tanah Air membaca ulasan sebelum membeli. Konsumen pun semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk, dengan meningkatnya pengetahuan tentang kandungan dan efektivitas produk.
Gen Z, khususnya, lebih berpengetahuan dan spesifik dalam mencari tahu mengenai kandungan dan bahan aktif produk kecentikan. Hal ini terlihat dari bahan-bahan produk yang paling banyak dicari tahun 2023, di antaranya centella, rice, salicylic acid, snail mucin, dan niacinamide.
Hal itu merupakan sebagian kesimpulan dari laporan perilaku konsumen dan tren industri produk kecantikan di Indonesia secara komprehensif dengan tajuk Beauty Consumer Behavior and Trend Report dari Insight Factory by SOCO.
Co-Founder & CEO Social Bella Christopher Madiam menjelaskan, melalui big data, lebih dari 6 juta SOCO member diolah oleh tim riset yang andal sebagai laporan yang mencerminkan kondisi sebenarnya industri kecantikan Indonesia yang terus tumbuh secara resilien.
Sementara itu, Insight Factory by SOCO adalah lini bisnis baru dari Social Bella, perusahaan beauty-tech terdepan Tanah Air. Bisnis ini akan focus menyajikan insight dan laporan terkini di industri kecantikan.
“Kami berharap laporan ini dapat menjadi referensi utama bagi pelaku industri dalam mengambil keputusan strategis dan bersama-sama mengakselerasi kemajuan sektor kecantikan,” ujar Christoper, dikutip Kamis (8/8/2024).
Lebih lanjut, Beauty Consumer Behavior and Trend Report juga menyoroti perbedaan cara spending generasi Milenial dan Gen Z dalam berbelanja produk kecantikan.
Hampir setengah dari total responden Gen Z (48%) mengeluarkan kurang dari Rp 150 ribu per transaksi. Sedangkan hanya sepertiga dari responden Milenial (34%) yang mengeluarkan jumlah yang sama.
Selanjjutnya, banyak 28% dari Milenial mengeluarkan lebih dari Rp 300 ribu per transaksi. Sementara itu, pengeluaran untuk Gen Z tercatat sebanyak 17% untuk pengeluaran tersebut.